UPDATE NOW
UPDATE NOW

Jual Sampah, Kontak OjoPlast

  • 25-03-2019 / 23:38 WIB
  • Kategori:Batu
Jual Sampah, Kontak OjoPlast BEROPERASI: Kendaraan OjoPlast siap beroperasi  untuk membeli sekaligus angkut sampah plastik di rumah warga.

BATU - Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) launching ojek online plastik atau OjoPlast gratis bagi masyarakat. Ini merupakan inovasi untuk memenuhi traget bersih dari sampah tahun 2019.

Peluncuran OjoPlast  gratis dilakukan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat apel pagi di Balai Kota Among Tani, Senin (25/3) kemarin. Seremonialnya ditandai penyerahan rompi bagi petugas, helm hingga daftar harga sampah plastik.

"Ini merupakan beberapa cara menyadarkan masyatakat agar membuang sampah dan memanfaatkan sampah sebagai barang bernilai ekonomis. Sehingga ada tambahan masukan bagi masyarakat," jelas Dewanti kepada Malang Post.

Ia menjelaskan, program ini merupakan progam jemput bola. Selain kegiatan mingguan sapu bersih nyemplung kali atau Sabers Pungli yang telah dilakukan hingga 72 kali.

"Mudah-mudahan dengan adanya program ini masyarakat sadar. Karena Kota Batu sebagai hulu sungai Brantas yang mengaliri 17 kota dan kabupaten di Jawa Timur. Sehingga sangat penting menjaga kebersihan Sungai Brantas dari sampah," bebernya.

Kepala DLH Kota Batu, Arif As Siddiq menambahkan, petugas ojek online akan mengambil sampah secara gratis ke rumah-rumah penduduk menggunakan motor roda tiga atau Tossa. Saat ini ada tiga kendaraan di tiga kecamatan Kota Batu.

"Untuk pengambilan sampah plastik langsung ini caranya sangat mudah. Masyarakat tinggal melalukan panggilan via telepon, sms atau WhatsApp. Selanjutnya petugas langsung menuju lokasi dengan ontime," ungkapnya.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan program ini,  tinggal hubungi hotline  service 081249255861. Dengan syarat minimal berat sampah sebanyak lima kilogram dari beberapa jenis sampah.

Kemudian, petugas akan membayar sampah sesuai dengan harga yang tertera. Beberapa jenis sampah di antarnya sampah plastik, kertas, besi atau logam, serta jenis botol dan kaca. Untuk Jenis plastik, plastik bening bersih/kotor seharga Rp 1.400 per kg, plastik sablon/bungkus mi  instan/rinso Rp 375 per kg, kresek Rp 325 per kg.

Untuk jenis kertas seperti  buku tulis Rp 1.800 per kg, kertas semen Rp 2.850 per kg, karton/kardus Rp 1.350 per kg, kertas buram Rp 1.200 per kg.  

Selain launching program OjoPlast, Pemkot Batu juga mulai memberlakukan instruksi Wali Kota  Batu Nomor 3 Tahun 2019 . Yakni Balai Kota Among Tani bebas plastik. Sehingga dalam setiap kegiatan, ASN maupun honorer diwajibkan mengurangi segala bentuk kegiatan yang menggunakan sampah plastik. (eri/van)

  • Editor : van
  • Uploader : abdi
  • Penulis : eri
  • Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

ComvaLion... Julukan Anyar Sylvano Comvalius

Wow... Comvalius Dikontrak Arema Dua Musim

Kontainer Bermuatan Sabu Diamankan Polisi di Tol Bakahueni

Hamili Anak Tiri, Ngaku Khilaf

Sepiring, Masakan Rumahan Suasana Kafe

800 Botol Bisa Buat Bangunan 3 x 3 Meter

Rute Rasa Berubah, Berlimpah Promo Menarik

VIDEO

-->