100 Pemohon e-KTP Datangi Kantor Dispenduk Capil di Hari Libur

  • 03-04-2019 / 17:41 WIB
  • Kategori:Kabupaten
100 Pemohon e-KTP Datangi Kantor Dispenduk Capil di Hari Libur Petugas Dispenduk Capil Kabupaten Malang melayani perekaman e-KTP meskipun hari libur.

KEPANJEN - Meski hari libur, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil), Kabupaten Malang tetap buka. Tak terkecuali hari ini,  Kamis (3/4), yang nota bene  merupakan hari libur nasional,  Dispenduk tetap memberikan layanan. 

Kepala Dispenduk Capil, Sri Meicharini, mengatakan dibukanya layanan di kantor Dispenduk Capil saat hari libur mengacu pada surat dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementrian Dalam Negeri. Dimana dalam surat nomor 471.13/2518/DukCapil tanggal 28 Maret 2019, dituliskan bahwa Kantor  Dispenduk Capil tetap buka pada hari Sabtu dan Minggu juga hari libur nasional, untuk memberikan pelayanan.

"Surat dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan sipil tersebut merupakan tindak lanjut putusan Mahkama Konstitusi nomor 20/PUU-XV/2019 tanggal 26 Maret 2019, yang memutuskan bahwa Dispenduk Capil tetap memberikan layanan, pada hari Sabtu dan Minggu termasuk hari libur," katanya.

Rini, begitu Sri Meicharinin dalam surat dari Dirjen Kependudukan dan pencatatan Sipil ini akrab dipanggil menyebutkan, dibukanya layanan di Dispenduk Capil tak lain untuk menuntaskan e-KTP.

"Point dalam surat Dirjen DukCapil dijelaskan, bahwa, sebelum pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legeslatif, proses perekaman harus selesai," kata wanita berjilbab ini

Dia pun tak menampik, bahwa di wilayah Kabupaten Malang e-KTP belum tuntas. Masih banyak warga yang belum perekaman. 

"Dengan kami membuka layanan Sabtu-Minggu juga hari libur, diharapkan bisa menyelesaikan e-KTP ini," ungkapnya. 

Rini juga mengatakan, selain membuka layanan di kantor Dispenduk Capil, pihaknya juga mendatangi sekolah-sekolah, SMA/SMK dan MA. Itu untuk menyasar para pelajar yang usianya sudah 17 tahun, agar melakukan perekaman e-KTP," ungkapnya.

"Alhadulillah, warga juga aktif merespon. Kemarin (Selasa) total ada 720 pemohon e-KTP datang untuk melakukan perekaman. Harapannya memang, saat hari H pemilihan nanti, semua warga yang memiliki hak pilih dapat menyalurkan haknya," tambahnya.

Sementara ditanya jumlah pemohon e-KTP yang datang ke kantor Dispenduk Capil hingga pukul 13.00 tadi, mencapai 100 an orang. 

"Kami akan terus sosialisasikan kepada warga, terutama mereka yang melum melakukan perekaman, segera melakukan perekaman," urainya.

Disinggung tentang blangko e-KTP, Rini juga mengatakan, tidak ada masalah. Rata-rata pihaknya mendapatkan droping blanko e-KTP 6000-7000 per bulan. Dan saat ini masih ada stok. 

Tapi demikian, Rini meminta warga tidak kawatir. Meskipun tidak ada banko e-KTP, warga yang sudah rekam, akan mendapatkan surat keterangan, yang memiliki fungsi sama dengan e-KTP. (ira)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ira
  • Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Divonis 5 Bulan, Vanessa Menerima, JPU Pikir-pikir

Hakim MK Beda Pendapat

Nyaris Kehilangan Suara

Siapkan Tekno Park untuk Kolaborasi Bidang Ilmu

VIDEO