trial_mode: on

Tahun Ini TPS Sekarpuro Siap Dibangun

  • 04-04-2019 / 16:17 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Tahun Ini TPS Sekarpuro Siap Dibangun TPS di Dusun Nusantoro, Desa Ampeldento,  menampung sampah yang sangat banyak setiap hari. Tahun ini fasilitas TPS akan ditingkatkan, agar TPS tak terlihat kumuh. (Ira Ravika/MP Online)

PAKIS -  Warga Desa Pakisjajar, Pakis berharap pembangunan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dapat terealisasi tahun ini. Alasannya jelas, TPS yang ada saat ini hanya kurang memadai, sehingga tak dapat menampung banyak sampah.

"Selain terlihat kotor, sampah yang ada di TPS ini juga kerap menyebarkan aroma tak sedap," kata Muhammad Ilham. Dia menyebutkan jika, TPS di Desa Pakisjajar ini ada sejak tahun 2018 lalu. Keberadaanya pun dimanfaatkan warga untuk membuang sampah. Bahkan, Ilham mengatakan, tidak hanya warga Pakisjajar saja yang membuang sampah di TPS tersebut. Tapi banyak warga dari desa lain yang membuang sampah disitu.

Lantaran itulah, volume sampah di TPS Pakisjajar pun terus meningkat. "Setiap hari truk dari Dinas Lingkungan Hidup ya mengambil sampahnya. Tapi ya itu, karena jumlahnya yang banyak, seringkali bak sampah tak menampung, sehingga sampah pun banyak yang meluber keluar dan terlihat kotor," tandasnya.

Terpisah, Camat Pakis, Firmando Hasiholan Matondang mengatakan jika tahun ini TPS Pakisjajar dibangun. Dia mengatakan, TPS Pakisjajar, merupakan pindahan dari Pasar Pakis.

Dia mengatakan jika, tahun 2017 lalu, TPS ada di depan pasar pakis. Namun demikian, keberadaannya bukan membuat bersih, tapi justru membuat kotor area pasar. Itu sebabnya, dia pun mengusulkan ke Dinas Lingkungan Hidup untuk memindah TPS.

Usulan itu direspon oleh dinas, yang kemudian melakukan pembebasan lahan di Pakisjajar sebagai TPS. Dan sampai saat ini digunakan. 

Mando begitu dia akrab dipanggil mengatakan, keberadaan TPS sangatlah penting. Sebagai sarana warga membuang sampah, sebelum kemudian dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Tahun ini selain TPS di Desa Pakisjajar, yang akan dibangun juga TPS di Desa Banjarejo. Selain itu juga ada peningkatan TPS di Dusun Nusantoro, Desa Ampeldento, dan beberapa daerah lainnya. 

"Di Dusun Nusantoro, TPS yang ada saat ini hanya berupa dump truk. Ini juga rencananya akan ditingkatkan. Tapi bagaimana teknis peningkatannya, saya tidak paham," tandas Mando yang mengatakan pembangunan dan peningkatan TPS ini menjadi tanggung jawab dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). 

"Mungkin bisa ditanyakan langsung ke DLH. Karena mereka yang memiliki anggaran," tandasnya.(ira)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : lin
  • Fotografer : lin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI