Angin Puting Beliung Terjang 12 Rumah Warga dan Puskesmas Singosari

  • 04-04-2019 / 20:34 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Angin Puting Beliung Terjang 12 Rumah Warga dan Puskesmas Singosari Anggota Yonko 464 Paskhas membetulkan atap rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung di Kecamatan Singosari.

SINGOSARI - Angin puting beliung Kamis (4/4) sore tadi merusak 12 rumah di Jalan Tohjoyo Gg 3, RW07, Kelurahan Pagentan. Angin juga menyapu atap Puskesmas Singosari. 

Reaksi cepat dilakukan untuk mengatasi bencana ini.

Muspika Singosari bersama anggota Yonko 464 Paskhas, tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang dan anggota PMI Kabupaten Malang melakukan pembenahan.

"Atap yang terbawa angin kami benahi, sehingga rumah yang diterjang angin masih bisa ditinggali. Termasuk Puskesmas Singosari, juga langsung mendapatkan penanganan. Karena air sempat masuk  gudang tadi bersama-sama langsung dibersihkan," kata Camat Singosari, Eko Margianto.

Eko menguraikan, saat itu wilayah Singosari diguyur hujan sangat deras, disertai angin.

"Tak lama hujan turun, angin juga berhembus sangat kencang. Angin menyapu atap rumah warga dan Puskesmas Singosari," ungkap mantan Camat Tajinan ini. 

Dia mengatakan, saat kejadian, warga sempat panik. Terlebih pegawai Puskesmas Singosari. Apalagi akibat angin menyapu atap, angin sempat membasahi gudang tempat penyimpanan barang

"Alhamdulillah, sudah langsung bisa ditangani. Atap yang tersapu angin ditutup dengan terpal. Insya Allah, besok kami akan melakukan kerja bakti, melanjutkan untuk membetulkan atap rumah   yang tersapu angin," urainya.

Eko yang mendapat laporan tentang bencana angin puting beliung langsung  bergegas mendatangi lokasi, untuk melakukan pengecekan.

 "Umumnya angin menyapu atap. Sehingga air hujan pun membasahi bagian rumah dan Puskesmas. Saya juga menghubungi BPBDm" tambah. 

Tak lama berselang, tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Malang bersama anggota PMI mendatangi lokasi. Begitu anggota Yonko 464 Paskhas. Mereka langsung melakukan penanganan. 

"Rumah yang tersapu angin ini masing-masing milik, Alfan, Wahyu Tri, Jarwoko, Hadi, Arifin, Harun, Jumadi, Lilik, Riswati, Ida, Amik, dan Suminah. Semuanya berada di Jalan Tohjoyo Gg 3, RW 07, Kelurahan Pagentan Singosari," tandas Eko.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Abdul Rochim  mengatakan, selain melakukan penanganan terhadap rumah yang rusak, BPBD Kabupaten Malang juga menyerahkan bantuan sembako kepada para korban. 

"Harapannya dengan bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban para korban," katanya.(ira)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ira
  • Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Divonis 5 Bulan, Vanessa Menerima, JPU Pikir-pikir

Hakim MK Beda Pendapat

Nyaris Kehilangan Suara

Siapkan Tekno Park untuk Kolaborasi Bidang Ilmu

VIDEO