Begini Sistem Penjurian Oriq Jaya

  • 06-04-2019 / 20:34 WIB
  • Kategori:Burungkunam
Begini Sistem Penjurian Oriq Jaya Crew Oriq Jaya

Oriq jaya memiliki sistem penjurian dengan menggunakan pakem-pakem penilaian dalam berbagai jenis burung yang dilombakan. Dantaranya adalah Murai Batu, sistem penjuriannya, pertama dari irama lagu (murai batu mempunyai bentuk lagu lengkap dan ngeroll serta nembak menghasilkan variasi lagu dilapangan), 

Yang Kedua dari volume ( suara yang keras, dominan sehingga irama lagu dapat didengar jelas dan mampu menandingi lawan-lawannya di lengkapi dengan suara kristal  yang bersih dan tajam).

Ketiga, durasi kerja ( durasi kerja harus maksimal dari awal sampai akhir) dan gaya ( burung harus aktif ekor harus nge-play , badan tegap dan menundukkan kepala ke atas ke bawah ditambah burung harus tenang ditangkringan atau nagen dan tak kalah pentingnya, fisik harus sempurna mulus tanpa cacat.

Dari jenis Cucak ijo untuk menjadi juara harus memiliki kriteria: yang pertama adalah irama lagu ( ngeroll dengan diiringi tembakan yang panjang serta variasi lagu komplit, kedua adalah volume ( harus keras dan kasar  irama lagu dapat didengar jelas, ditambah dengan suara kristal yang bersih dan tajam), 

Ketiga, durasi kerja ( durasi kerja harus stabil dari awal sampai akhir dan tidak nyisir), 

Keempat, gaya ( di utamakan memiliki gaya ngentrok, bulu kepala bagian atas mengembang, dan membentuk seperti jambul, fisik ( sempurna ).

Untuk penilaian jenis Lovebird, yaitu durasi 3- 4 detik bendera putih nilai 5, durasi 5-7 detik  bendera hijau nilai 15, durasi 8 -15 detik  bendera biru nilai 40, durasi 16-22 detik bendera merah nilai 100, ngering (kedua kaki tidak di tangkringan) tidak dinilai, bunyi di dasar ( melantai) tidak dinilai, bunyi dengan mata terpejam ( tidur ) tidak dinilai.

Lovebird paud pemula ( 3-5 ketukan rapat bendera putih nilai 5, 3- 6 detik bendera hijau nilai 15, 7 detik Up bendera merah ( diskualifikasi).

Untuk kategori burung Kacer yaitu irama lagunya ( ngeroll nembak dengan variasi lagu komplit dan bongkar isian), kemudian volume ( keras di atas rata rata, kasar dan kristal sehingga terdengar jelas saat mengeluarkan lagu isian), serta durasi kerja ( burung harus rajin bunyi maksimal dari awal, tengah dan akhir. 

Sistem penilaian untuk Kenari ( kenari dengan lagu standar lagu asli bukan isian, penilaian mengutamkan irama yang harmonis dengan permainan tinggi rendahnya nada, panjang lagu, speed rapat dan tingkatan oktaf. 

Dan yang terakhir untuk lomba burung jenis Hwamei, ada beberapa macam pelanggaran Salto ( pada saat di lombakan sering salto), A gogo atau mantul-mantul (sertingan A gogo), dongak ke atas ( setingan melihat keatas).

Hwamei yang tanpa ada kesalahan pada saat lomba kalau cuma sekedar ngeban dalam jangka 1 menit 1 kali dia ngeban, tidak masalah, yang dipermasalahkan adalah jika ngeban setiap detik, karena bisa mengurangi durasi kerja.(fan/tem)

  • Editor : tem
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Irfan
  • Fotografer : Irfan

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Jebol Gawang Arema, Titan Curi Perhatian

Gerakan Lokal

Polisi Temukan Ribuan Ekstasi saat Gerebek Rumah Ini

Elegan, Makanan Penutup Berbentuk Cerutu Kuba

Dewan Segera Panggil Dinas Terkait

VIDEO