Olimpiade Akademik Shalahuddin 2 Malang Siap Digelar

  • 10-04-2019 / 12:09 WIB
  • Kategori:Sekolah
Olimpiade Akademik Shalahuddin 2 Malang Siap Digelar OPTIMIS: Theda Priya Aji, bersama siswa-siswi SMK Shalahuddin 2 Malang yang selalu semangat berlajar dan berkompetisi.

MALANG- Dalam rangka memperingati Hari Kartini, SMK Shalahuddin 2 Malang dalam waktu dekat akan menggelar lomba Olimpiade Akademik. Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada Tanggal 26 April 2019 ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa. 

Tema yang diangkat yakni, ‘Semangat Kita, Semangat Ibu Kartini’. Lomba Olimpiade mandiri yang kali pertama digelar tersebut terdiri atas empat kategori, yakni Olimpiade Sains, Olimpiade Bahasa dan Sosial, Olimpiade Teknologi, Seni dan Olahraga, dan Olimpiade Agama dan Budi Pekerti.

Masing-masing dari olimpiade tersebut terdiri atas mata pelajaran yang berbeda, seperti halnya Olimpiade Sains yang terdiri atas soal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Fisika, Kimia dan Biologi. Namun yang paling menarik adalah Olimpiade Budi Pekerti, dimana pendidikan agama islam merupakan satu-satunya mata pelajaran yang diujikan. 

Hal ini berbanding lurus dengan karakteristik SMK Shalahuddin 2 Malang sebagai sekolah dengan basis agama Islam. Untuk bersaing dalam olimpiade ini, para peserta harus membentuk sebuah tim yang terdiri atas tiga siswa yang menguasai pelajaran-pelajaran tersebut, dan para tim akan bersaing untuk mendapatkan nilai tertinggi.

“Bagi para peserta yang berhasil keluar sebagai Juara pertama akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba akademik dengan skala yang lebih luas lagi, baik skala kota, provinsi, maupun nasional,” ujar Theda Priya Aji, Penanggung Jawab acara. 

Ia menambahkan, selain dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa, lomba ini diharapkan juga memiliki banyak manfaat bagi ekosistem pendidikan sekolah. Diantara adalah menguatkan eksistensi, menguatkan solidaritas dan kekompakan sumber daya manusia sekolah, menambah rasa cinta siswa terhadap budaya literasi terhadap ilmu pengetahuan. “Yang juga penting membiasakan para siswa untuk berkompetisi secara sehat sejak berada di bangku kelas X,” tambah guru Seni Budaya ini.

Untuk kali ini, lomba Olimpiade Akademik SMK Shalahuddin 2 akan dilaksakan dengan para peserta internal, yakni para siswa taman pendidikan Shalahuddin. Namun kedepannya, lomba ini akan diperuntukkan bagi sekolah swasta dan negeri yang teraliansi dengan SMK Shalahuddin 2 Malang. “Bahkan tidak tertutup kemungkinan akan dibuka untuk umum jika sistem program ini sudah sangat matang,” lanjutnya.

Kepala SMK Shalahuddin 2, Drs. Romelan menyambut program ini dengan penuh dukungan. “Ini merupakan program yang sangat bagus, mengingat slogan kami adalah terus menembus batas dunia, maka para siswa dapat mulai mempersiapkan diri semenjak awal,” kata dia.  (imm)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI