trial_mode: on

Disiapkan, Tol Mapan Sambung Sampai JLS

  • 12-04-2019 / 15:43 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Disiapkan, Tol Mapan Sambung Sampai JLS Tomie Herawanto.

MALANG - Pemkab Malang berharap pembangunan jalan Tol Malang - Pandaan (Mapan), bisa berlanjut sampai ke Malang Selatan. Hal ini, untuk menguatkan potensi wisata terutama wisata pantai di jalur lintas selatan (JLS).
Bahkan Pemkab Malang  sudah menyiapkan desain jalan Tol Mapan sambung sampai JLS. "Kami berharap pembangunan jalan Tol Mapan tidak sampai ke Kepanjen, tetapi bisa tembus JLS," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (bappeda) Kabupaten Malang Tomie Herawanto.

Selain menyiapkan konsep pembangunan, Pemkab Malang juga sudah melakukan kajian. Salah satunya, masalah pembebasan lahan.
"Meskipun sudah ada kajian, namun kami tetap harus meminta pertimbangan dari Pemprov Jatim sebelum dibahas di tingkat pusat," ujarnya.

Tomie mengatakan, ada tiga trase atau jalur untuk melanjutkan jalan Tol Mapan sampai JLS. Yakni jalur koridor timur, tengah dan barat. 

Untuk koridor timur  melintasi Kecamatan Turen, menuju ke Pantai Sendangbiru. 

Koridor tengah, melintasi Kecamatan Gondanglegi dan Bantur yang tembus ke Pantai Balekambang. 

Sedangkan koridor barat, melintasi Kecamatan Pagak, yang juga tembus Pantai Balekambang.

Dari tiga opsi trase  tersebut, masih akan dilakukan kajian lagi. Terutama menyangkut penggunaan lahan yang dipakai jalan tol. Apakah pinjam pakai lahan milik Perhutani atau dengan pembebasan lahan milik warga.

Karenai, pinjam pakai lahan milik Perum Perhutani, lebih efektif. 
Sebab waktu untuk pembebasan lahan milik perseorangan relatif lebih lama. 

"Sementara kalau lahan milik Perhutani, sesuai undang-undang tidak perlu melakukan pembebasan, dengan pinjam pakai saja sudah cukup," jelas Tomie.

 Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Romdhoni, mengatakan bahwa keberadaan tol memang sangat urgent. Selain meningkatkan potensi wisata, juga menjadi akses utama yang menghubungkan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar, Kediri, dan Lumajang.

"Beberapa waktu lalu, 
pihak pelaksanan pembangunan sudah melakukan survei dan meminta masukan. Tol Mapan ini memang layak diteruskan sampai ke Kepanjen atau JLS," ucap Romdhoni.

 Romdhoni mengatakan,  jalan tol nantinya akan meningkatkan potensi wisata di JLS. Gunung Bromo dan wisata Religi Gunung Kawi.(agp)

  • Editor : Husnun
  • Uploader : irawan
  • Penulis : agp
  • Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI