trial_mode: on

Heri Cahyono, Founder GOD Management School (1): Punya Prinsip, Tak Ada Garis Akhir Menuntut Ilmu

  • 14-04-2019 / 08:23 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Heri Cahyono, Founder GOD Management School (1): Punya Prinsip, Tak Ada Garis Akhir Menuntut Ilmu

Heri Cahyono, pria kelahiran Malang 12 Desember 1975 ini mengawali karirnya sebagai wirausaha sejak tahun 2001 setelah ‘pensiun’ dari pekerjaan sebagai seorang mekanik. Dengan bermodalkan dana sebesar 15 juta rupiah, Heri Cahyono merintis usaha barunya di bidang otomotif yang kemudian memiliki 3 grup perusahaan skala menengah yaitu PEKA Group, HRA Group, dan KSI Group dan saat ini sudah membuka lapangan pekerjaan bagi 1.200 orang tenaga kerja.

Mental seorang Heri Cahyono dibentuk sejak masa kecilnya yang memiliki pengalaman di berbagai bidang, diantaranya menjadi pencari kayu bakar, tukang ojek, tukang las dan menjadi mekanik kendaraan bermotor.

Untuk meningkatkan kemampuan, bapak 3 anak ini juga menempuh pendidikan dan pelatihan di berbagai tempat. Ia pernah menempuh pendidikan di VEDC Malang dan kuliah sambil bekerja di STIEAD Jakarta.

Semangatnya mencari ilmu diwujudkannya dengan mengikuti pelatihan manajemen mulai dari  PPM Manajemen di Menteng,  Jakarta Pusat  hingga ke IDCM (Indonesian Coorporate Management) di Osaka, Japan. Baginya berlaku sebuah prinsip “Tidak ada garis akhir untuk menuntut ilmu”. Keberhasilan yang Ia raih saat ini adalah wujud dari cita-citanya saat kecil.

“Pada saat kelas 5 SD saya mendirikan perusahaan pertama saya bertempat di alam keinginan saya dan saya tuliskan di sampul buku tulis saya. Nama perusahaan tersebut adalah PT HRA (HeriRudiAndri). Setelah 16 tahun kemudian cita-cita itu terwujud dan saya benar-benar mendirikan perusahaan saya dengan nama PT HRA,” kisah Heri pada Malangpostonline.com

“Kata-kata itu lenyap menguap sementara tulisan abadi menetap, dalam bahasa latinnya verba volant scripta manen, maka kalaa punya cita-cita tulislah!” lanjut pria yang akrab disapa Sam Heri ini mengaku disela kesibukannya menjadi seorang wirausaha juga mengisi waktu luangnya untuk berbagi dengan menjadi motivator.

Sekaligus  jadi pengajar bidang enterpreneurship di berbagai universitas besar di Indonesia, diantaranya UGM Jogjakarta, IPB bogor, UNHASS Makassar, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan juga membagikan ilmunya kepada kelompok UKM di seluruh Indonesia.

Pemberian motivasi dan mentoring sebagian besar dilakukan dengan gratis alias tanpa biaya apapun. Bahkan seringkali Sam Heri menanggung sendiri seluruh biaya akomodasi saat memberikan motivasi ke berbagai daerah. Dia merasa sangat prihatin atas kondisi UKM di Indonesia, tak bisa berkembang karena tidak menguasai ilmu usaha yang harusnya dikuasai sebelum memulai usaha.

“Akhirnya saya berkesimpulan bahwa sebagian besar usahawan kita justru bukan pengusaha, tetapi hanya pekerja yang terjebak dalam bingkai usaha, sehingga selamanya mereka tak beranjak besar usahanya karena kebingungan bagaimana cara memulainya,” jelasnya.

Atas dasar kenyataan diatas maka Sam Heri memutuskan mendirikan sekolah wirausaha yang nantinya menciptakan professional dan pengusaha dengan integritas yang tinggi. Sekolah itu dia namakan “GOD Management School” yang berlokasi di Dusun Slatri Desa Pait Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. (*/bua/bersambung)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Buari
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI