Tak Hanya Labuan Bajo, Traveler Wajib Lihat Indahnya Kabupaten Nagekeo di NTT

  • 15-04-2019 / 10:42 WIB
  • Kategori:Destinasi
Tak Hanya Labuan Bajo, Traveler Wajib Lihat Indahnya Kabupaten Nagekeo di NTT

MP Online - Era media sosial membuat siapapun gemar jalan-jalan. Nusa Tenggara Timur (NTT) sering menjadi destinasi favorit wisatawan lokal dan mancanegara, yang paling terkenal dari provinsi tersebut Labuan Bajo dan Flores. Namun ternyata ada satu lokasi yang masih jarang diketahui dan tak kalah indah. Namanya Kabupaten Nagekeo, NTT.

Kabupaten Nagekeo berbatasan dengan Laut Flores di sebelah utara. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Ngada sejak tahun 2007.

Hal itu diungkapkan Ketua Dekranasda dan Istri Gubernur NTT, Julie Sutrisno Laiskodat saat menerima piagam penghargaan tokoh ‘Pelopor Literasi Tenun Ikat Nagekeo NTT’ oleh Bupati Nagekeo di Perpustakaan Nasional, Kamis (11/4). Menurutnya, indahnya Nagekeo, bukan hanya pantai dan laut, tetapi juga memiliki pegunungan.

“Kami punya savana yang indah dan bukit yang cantik. Memang belum dikemas dengan konsep wisata selama ini. Kami mulai memperkenalkan indahnya Nagekeo. Sehingga tak hanya Flores atau Labuan Bajo. Semoga dalam 5 tahun ini masyarakat sudah mengenal dan ramai mengunjungi Nagekeo,” tegas Julie di sela-sela pembukaan Festival Literasi Nagekeo.

 

Iklim dan Kekayaan Alam

Kabupaten Nagekeo tergolong daerah beriklim tropis dan terbentang hampir sebagian besar padang rumput dan pepohonan yang ditumbuhi kemiri, asam, kayu manis, lontar dan lainnya. Memiliki tebing-tebing indah seperti Grand Canyon di Amerika. Memiliki komoditi garam yang kaya.

“Tentu selain tenun, potensi wisata ini akan terus kami kembangkan,” jelas Julie.

 

Spot Wisata

Jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat pada tahun 2017 tercatat ada 8720 wisatawan ke Nagekeo. Spot wisata yang menarik di antaranya Air Terjun Ngabatata, Pantai Tonggo, Air Terjun Dhoa Tege, Pulau Kinde, Air Panas Maropokot, Pulau Rii Taa, Air Panas Nangadhero, Air Panas Tonggurambang, Pantai Gusung, Gua Jepang Rane, dan Pantai Kota Jogo serta masih banyak spot lainnya.

Ada pula wisata budaya seperti kampung adat. Di antaranya kampung adat Boawae, kampung adat Wajo, kampung adat Tutu Bhada, kampung adat Nggolo Mbare.

 

Akses Menuju Nagekeo

Wisatawan bisa ke Nagekeo dengan transit di Bandara Kupang, NTT terlebih dahulu. Selanjutnya bisa melanjutkan jalur darat atau jalur udara dengan pesawat kecil menuju daerah Ngada. Dari daerah Ngada selanjutnya dilanjutkan dengan naik mobil menuju Nagekeo.

“Memang infrastruktur masih terus kami benahi. Kami berupaya memfungsikan lagi bandara kecil atau membangun akses yang lebih mudah bagi para wisatawan,” jelas Julie.

Jasa pelayanan penerbangan memang belum ada. Untuk penerbangan harus ke ibu kota Kabupaten Ende dan Soa di Kabupaten Ngada dengan jarak dari kota Mbay sejauh 80 kilometer. Lalu jasa pelayanan Pelni terdapat pelabuhan Maropokot. Jarak dari kota Mbay ke pelabuhan sejauh 12 kilometer. (JPC/MPOL/mar)

  • Editor : mar
  • Uploader : irawan
  • Penulis : JPC
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

VIDEO