trial_mode: on

USBN SD Berbasis Komputer, Soal Uraiannya Masih Gunakan Kertas

  • 22-04-2019 / 18:26 WIB
  • Kategori:Sekolah
USBN SD Berbasis Komputer, Soal Uraiannya Masih Gunakan Kertas

MALANG- Hari ini Senin (22/4), siswa kelas VI SD sederajat melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), yang menggantikan sistem ujian sebelumnya yaitu Ujian Nasional (UN). USBN untuk tingkat SD kali ini untuk pertama kalinya menggunakan basis komputer.

Terdapat tiga mata pelajaran yang akan diujikan pada USBN tingkat SD yang dijadwalkan selama tiga hari mulai Senin hingga Rabu. Mata pelajaran yang akan diujikan pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia dengan 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, kemudian Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta yang terakhir IPA dengan 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.

Soal pilihan ganda dapat dikerjakan langsung pada komputer, sedang soal uraian juga terdapat di komputer namun untuk jawaban masih dikerjakan pada lembaran kertas yang disediakan oleh panitia ujian. Masing-masing mata pelajaran yang diujikan akan diberi waktu selama 120 menit. 

“Untuk soal uraian tersedia di komputer, tapi jawabannya masih dikerjakan di lembar kertas,” ungkap Kepala Sekolah SDN Bandungrejosari 01 Drs Didit Harianto pada tim Malang Post.

Untuk bagian soal uraian sendiri tersedia pada komputer beserta kolom jawaban. Namun kolom tersebut tak digunakan, dan justru harus diisi oleh peserta ujian dengan keterangan ‘Jawab di kertas’. Koreksi jawaban soal uraian untuk SDN Bandungrejosari 01 akan langsung diserahkan pada posko Kecamatan Sukun di SDN Sukun 3.

“Setelah selesai sesi ujian lembar jawaban soal uraian langsung dikirim ke posko di SDN Sukun 3,” lanjutnya.

Sementara itu, persiapan instal soal ujian sudah dilakukan sejak hari sabtu dan sudah bisa diakses pada Senin pagi. Pada usbn kali ini, SDN Bandungrejosari 01 menggunakan 46 unit komputer baru yang merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Malang yang diterima pada akhir tahun 2018 lalu.

Setidaknya terdapat 89 peserta ujian di SDN Bandungrejosari 01, sehingga ujian dilaksanakan dalam dua sesi yaitu pertama pada pukul 08.00-10.00 serta sesi kedua pada pukul 10.30-11.30. Kemudian pengawas ujian juga berasal dari sekolah lain.

USBN untuk tingkat SD menjadi syarat kelulusan, namun hasil penilaiannya akan digunakan sebagai syarat masuk pendidikan jenjang selanjutnya pada tingkat SMP. Selain itu hasil dari USBN dari siswa adalah untuk pemetaan mutu kualitas pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas.(mg3/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : asa
  • Fotografer : asa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI