APKLI Ingin Jadikan Malang Pilot Project Bina PKL

  • 25-04-2019 / 16:30 WIB
  • Kategori:Malang
APKLI Ingin Jadikan Malang Pilot Project Bina PKL

MALANG- Kota Malang dilirik menjadi kota “Pilot Project” pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Indonesia. Hal ini disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) dr Ali Mahsun tadi siang saat berkunjung ke Kantor Redaksi Malang Post.

Ia menyampaikan Kota Malang memiliki potensi pengembangan PKL yang signifikan. Selain memiliki kondisi perekonomian yang sedang tumbuh, keberadaan pedagang kecil menengah juga kian tumbuh disini. 

“Kita ingin pedagang kaki lima juga memiliki kualitas terstandar dengan labelisasi. Labelisasai halal misalnya. Ini akan sangat penting apalagi Kota Malang juga sedang menuju wisata halal,” ungkap Ali.

PKL, dimanapun saat ini memang diakuinya masih dipandang dengan stigma negatif. Seperti tidak tertib, menganggu ketertiban dan tidak higenis. Padahal banyak pedagang memiliki produk yang berkualitas dan layak saing.

Tidak hanya itu APKLI pun ingin memperlihatkan lebih banyak apa yang dapat diberikan PKL untuk kontribusinya bagi pemerintah daerah sebagai bagian penggerak perekonomian negara. 

“Persamalahannya belum semua daerah memandang PKL penting. Persoalan mendasar adalah kepastian hukum untuk mereka. Di Swedia saja, pedagang jalanan diberikan selembar sertifikat yang bisa menjadi payung hukum dan juga akses permodalan dari negara,”tegas Ali. 

Dilanjutkannya APKLI sendiri pun lambat laun juga menggerakkan PKL untuk lebih baik. Seperti beradaptasi dengan teknologi, mau disertifikasi, menjaga ketertiban dan kebersihan. Untuk itulah APKLI selalu memberikan pembinaan bagi PKL-PKL di seluruh Indonesia.

Ia menyadari, untuk bisa berkembang dan juga diakui di mata negara, PKL pun harus berbenah dan lebih maju dari sebelumnya. 

“Kalau di beberapa daerah seperti Surabaya, Makassar, Sukabumi ada jalanan yang dibebaskan untuk PKL berjualan. Akan tetapi di jam-jam tertentu. Setelah lewat jam selesai dan harus bersih,” tandas Ali. 

Ia meneruskan hal inilah yang diharapkannya juga dapat didorong ke Pemerintah Kota Malang. Tidak hanya pemerintah, media pun ikut memiliki tugas menyiarkan usaha dan rencana tersebut untuk dapat terwujud (ica)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : ica
  • Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Penyerang Sopir Bus Diperiksa Kejiwaannya

JPU Tuntut Vanessa Angel 6 Bulan Penjara

Elegan, Makanan Penutup Berbentuk Cerutu Kuba

VIDEO