PPDB Kota Malang Mulai 13 Mei

Jalur Zonasi 90 Persen, Rangking Berdasar Jarak Bukan Nilai

  • 10-05-2019 / 14:16 WIB
  • Kategori:Sekolah
Jalur Zonasi 90 Persen, Rangking Berdasar Jarak Bukan Nilai Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang diserbu masyarakat yang mencari informasi PPDB.

MALANG-Dinas Pendidikan Kota Malang telah resmi menentukan bahwa Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan dibuka mulai 13 Mei 2019. PPDB tahun ini berpedoman pada Peraturan Wali Kota No.35/2019 yang juga merupakan tindak lanjut dari Peraturan Mendikbud No.51/2018 terkait penerimaan peserta didik baru.

Terdapat tiga jenjang pendidikan yang akan gunakan sistem PPDB kali ini yaitu mulai jenjang TK, SD, hingga SMP. Kemudian juga terdapat tiga jalur yaitu jalur zonasi dengan porsi 90 persen, dan sisanya melalui jalur prestasi akademik maupun non akademik, serta jalur pindahan orang tua.

“Jalur ketiga yaitu jalur pindahan orang tua atau wali siswa yang bertugas di wilayah Kota Malang, dibuktikan dengan surat tugas dari lembaga, instansi, atau perusahaan,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Totok Kasianto.

Porsi terbesar jalur zonasi akan diproses melalui sistem perangkingan antara jarak rumah dengan sekolah. Untuk pengukuran jarak, Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Dispendukcapil melalui NIK milik orang tua wali siswa.

“Perangkingan berdasar pada jarak dari titik koordinat sekolah dengan tempat tinggal, bukan berdasar pada nilai ujian,” lanjut Totok. Jarak tersebut diikur berdasarkan informasi dari google map.

Pada jalur prestasi non akademik Dinas Pendidikan bekerja sama dengan KONI khususnya untuk bidang olah raga. Raihan prestasi ditentukan minimal dari Juara Kota, Provinsi, Nasional, dan juga Internasional.

Sertifikasi atau piagam akan diterima pada 13 hingga 15 Mei, sedang verifikasi oleh tim akan dilaksanakan pada 16 hingga 17 Mei. Pengumuman penetapan hasil verifikasi akan dilakukan pada 20 Mei. Kemudian dilanjutkan pada proses pendaftaran selama tiga hari yaitu mulai 20 hingga 22 Mei.

“Pendaftaran mulai dari jalur prestasi, zonasi, pindahan orang tua pada tanggal 20, 21, dan 22, selama tiga hari,” sambungnya.

Jalur penerimaan melalui prestasi baik itu olahraga maupun seni, dianjurkan menyesuaikan dengan sekolah yang berikan fasilitas pembinaan bidang tersebut. Misalnya sekolah siswa berprestasi pada cabang olah raga sepak bola, dianjurkan untuk memilih sekolah yang berikan pembinaan khusus terkait sepak bola.

Sementara itu, bagi siswa yang rumahnya tidak berada di wilayah Kota, namun merupakan lulusan sekolah Kota masih bisa mengikuti jalur zonasi. Namun tetap dengan ketentuan perangkingan melalui jarak rumah (luar wilayah) dengan sekolah yang berada pada zona wilayah Kota Malang.

“Asalkan dia merupakan lulusan sekolah di Kota Malang, masih bisa ikuti jalur zonasi,” pungkasnya.

Kemudian juga terdapat ketentuan bahwa siswa kurang mampu yang rumahnya berada pada radius 500 meter dari sekolah akan secara otomatis diterima. Tentunya dengan syarat menunjukkan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), atau sejenisnya.

Informasi detail terkait PPDB tahun ajaran 2019/2020 dapat diakses pada website resmi milik Dinas Pendidikan Kota Malang. (mg3/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : asa
  • Fotografer : asa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI