Rilis Galaxy Fold Tertunda, Samsung Beri Catatan Khusus di Manual Book

  • 16-05-2019 / 09:56 WIB
  • Kategori:Techno
Rilis Galaxy Fold Tertunda, Samsung Beri Catatan Khusus di Manual Book

MALANGPOSTONLINE.COM - Rilis smartphone mewah Samsung Galaxy Fold sempat tertunda karena dibayangi ancaman kerusakan pada tahap awal. Samsung pun menanggapi serius kerusakan tersebut dan bakal merilisnya lagi dalam dalam waktu dekat. Kini beredar buku petunjuk atau manual book tentang handset tersebut yang memberikan pengguna tata cara agar Galaxy Fold tak mudah rusak.

Panduan tersebut sesuai dengan kerusakan Samsung Galaxy Fold pada tahap awal yang dialami para pengulas dan jurnalis teknologi. Handset dikeluhkan memiliki kekhawatiran tentang ketahanan layarnya yang ringkih dan mudah rusak.

Dilansir dari ETNews via Gizmochina, Kamis (16/5), buku manual pengguna untuk Galaxy Fold versi AT&T bocor di media Korea dan memang berisi sejumlah peringatan berdasarkan masalah yang ditemui. Salah satunya adalah peringatan untuk tidak melepas lapisan atas perangkat karena merupakan bagian integral dari layarnya.

Peringatan tersebut sebelumnya sudah ada pada bungkus luar kotak ritel, seperti yang ditunjukkan oleh kepala pemasaran T-Mobile, Desmond Smith sebelumnya. “PERHATIAN. Layar utama termasuk lapisan pelindung khusus. Mengupas lapisan pelindung atau menggunakan perekat apa pun di layar utama, seperti pelindung layar atau stiker, dapat menyebabkan kerusakan,” bungi peringatan tersebut.

Dengan demikian, Samsung tidak hanya meletakkan peringatan di kotak ritel tetapi juga pada manual book. Hal ini untuk memastikan bahwa pengguna tidak melewatkan peringatan tersebut.

Selain itu, Samsung juga menyertakan catatan pada manual book yang memberi tahu pengguna bahwa lipatan di tengah layar sebagai titik untuk membuka tutup perangkat adalah normal. “CATATAN. Anda mungkin melihat lipatan di tengah layar utama. Ini adalah karakteristik normal perangkat. Saat melipat perangkat, pastikan tidak ada benda yang ditempatkan di antara layar tersebut,” demikian bunyi peringatan tersebut.

Laporan itu juga mengungkapkan bahwa Samsung akan mencoba merilis perangkat Galaxy Fold bulan depan atau Juni untuk mengalahkan peluncuran Mate X pada Juli. Samsung diketahui telah menunda peluncuran untuk lebih bersiap diri ihwal Galaxy Fold-nya yang sempat mengalami kerusakan pada tahap awal.

Selain itu, pabrikan Korea Selatan itu juga ingin mengajari calon pembeli tentang tata cara menggunakan smartphone tersebut. Misalnya untuk tidak mengikis film penutup yang ternyata menjadi bagian integral dari layar fleksibel di bawahnya dan sebagainya.

 

Penjualan Hampir Dibatalkan

Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, Samsung Galaxy Fold dan drama kerusakannya pada tahap awal telah memicu adanya opsi pembatalan penjualan ke konsumen yang telah memesan perangkat. Samsung membuka opsi pembatalan pesanan bagi calon konsumen yang telah memesan Galaxy Fold dalam fase pra penjualan. Periode pemesanan itu hampir bersamaan dengan ditemukannya kerusakan pada layar Galaxy Fold. Konsumen yang kadung memesan perangkat lantas ditawarkan pilihan untuk melanjutkan pemesanan atau tidak.

Perusahaan sebelumnya telah mengirim email kepada pelanggan yang memesan perangkat. Samsung mengakui masalah yang dialami oleh para jurnalis teknologi dan pengulas gadget atas rusaknya layar Galaxy Fold. Samsung lantas menyatakan bahwa hal itu akan secara otomatis membatalkan pesanan kecuali pembeli mengonfirmasi bahwa mereka masih ingin melanjutkan.

Bagi mereka yang masih menginginkannya, Samsung mengatakan melalui TizenHelp bahwa pihaknya tidak dapat memastikan kapan pesanan Galaxy Fold akan dikirimkan. “Kami tahu Anda berharap kami memperbaiki Galaxy Fold dan memastikannya memenuhi standar tinggi. Ini berarti bahwa kami belum dapat mengonfirmasi tanggal pengiriman yang pasti,” kata pihak Samsung melalui keterangan resminya.

Pelanggan dapat membatalkan pesanan mereka kapan saja sebelum perangkat dikirimkan. Jika tidak ada konfirmasi hingga akhir bulan, maka Samsung akan otomatis membatalkan pesanan. Kecuali pelanggan mengklik sebuah tautan untuk melanjutkan pemesanan. Ada tautan ‘Ya, saya ingin menyimpan pesanan saya’ di dalam email yang disebar Samsung ke para pemesan Galaxy Fold.

“Jika kami tidak mendengar kabar dari Anda dan kami belum mengirimkannya pada tanggal 31 Mei, pesanan Anda akan dibatalkan secara otomatis. Jika Anda tidak ingin pesanan Anda dibatalkan secara otomatis pada tanggal 31 Mei, Anda dapat meminta kami menyimpan pesanan Anda dan memenuhinya nanti,” sambung keterangan tersebut. (jpc/bua)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : JPC
Fotografer : JPC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU