Menit Per Menit, Ini Detail Kronologi Laga PSS vs Arema

  • 17-05-2019 / 01:24 WIB
  • Kategori:Arema
Menit Per Menit, Ini Detail Kronologi Laga PSS vs Arema

MALANG – Kericuhan suporter yang terjadi pada laga pembuka Liga 1 2019 sangat disayangkan banyak pihak. Meski tak sampai jatuh korban jiwa, duel PSS Sleman vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (15/5) malam itu menjadi perhatian serius PSSI.

Apalagi kericuhan di dalam stadion sempat membuat laga tertunda sekitar 20 menit. Bagaimana kronologis sebenarnya? Berikut ini menit per menit kronologi yang dirangkum wartawan Malangpostonline.com, Stenly Rehardson selama mendampingi tim Arema di Sleman.

1.    19.00 WIB

Rombongan Arema FC tiba di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Sementara informasi tribun VIP atas sudah dipenuhi Aremania. 

2.    19.40 WIB

Pemain kedua tim memasuki lapangan untuk pemanasan. 

3.    19.50 WIB

Aremania mulai bernyanyi memberikan dukungan. Sementara, suporter tuan rumah terlihat belum memenuhi tribun dan belum bernyanyi.

4.    19.55 WIB

Terdengar ledakan keras petasan dari tribun selatan sisi barat, dekat dengan tribun steril untuk memisahkan BCS (Brigada Curva Sud) dengan Aremania. Nyanyian Aremania sempat terhenti.

5.    20.00 WIB

Aremania kembali bernyanyi, yang ditengarai sebagai salah satu pemicu awal kericuhan. Saat Aremania kembali bernyanyi, teriakan 'huu' dan ejekan mulai terdengar dari tribun suporter PSS di sisi selatan (BCS)

6.    20.00-20.15 WIB

Kondisi memanas. Saling ejek mulai terjadi dan berujung saling lempar, ketika pemain kedua tim sudah berada di lorong untuk persiapan kick off.

7.    20.20 WIB

Ada enam perwakilan suporter Aremania, ditambah beberapa suporter PSS berkeliling mengitari lapangan, sembari membawa spanduk dari Aremania yang menyatakan ucapan selamat ulang tahun Kabupaten Sleman  dan permisi untuk hadir di Stadion Maguwoharjo kepada Slemania, BCS dan warga Sleman.

8.    20.30 WIB

Kick off babak pertama, keadaan kondusif.

9.    20.50 WIB

Sekitar 10 menit sebelum gol Sylvano Comvalius, kericuhan berpindah ke tribun Utara sisi barat dengan tribun VIP atas (Aremania). Saling lempar terjadi.

10.    21.00 WIB

Gol Sylvano berujung lemparan suporter PSS dengan pakaian hitam di sisi Utara sebelah barat ke arah lapangan. Fotografer mulai mengamankan diri dan lemparan semakin banyak kuantitasnya.

11.    21.00-21.30 WIB

Saling lempar botol, pecahan keramik, es batu terjadi. Selain itu, tembakan kembang api diarahkan ke tribun Aremania. Hamka Hamzah dan kapten PSS Bagus Nirwanto mencoba menenangkan suporter. Namun, serangan di tribun VIP makin menjadi, di sisi Utara dan Selatan. Aremania berkumpul dan berdesakan di tengah. Suasana tak terkontrol pemain memasuki ruang ganti karena kondisi tidak kondusif. Gas air mata ditembakkan petugas keamanan.

12.    21.30-21.40 WIB

pemain mulai memasuki lapangan. Suasana mulai tenang, laga dilanjutkan kembali. Sepanjang sisa pertandingan terjadi saling lempar antara suporter kedua klub, di sisi Utara dan sesekali di sisi selatan.

13.    23.00 WIB

Laga berakhir, chaos kian tak terhindarkan.

14.    23.30 WIB

Preskon pelatih dan pemain kedua tim berakhir.

15.    23.30 - 01.00 WIB

Pemain Arema menunggu di ruang ganti karena tidak mendapatkan rekomendasi meninggalkan stadion dengan bus. Sementara, bus tim PSS meninggalkan Stadion Maguwoharjo pukul 00.15 WIB

16.    01-00 WIB

Rombongan Arema bersiap meninggalkan stadion, memasuki barracuda dan truk tentara, untuk meninggalkan stadion. Sempat terhenti 15 menit saat rombongan sudah di kendaraan, pukul 01.20 WIB rombongan berhasil keluar dari komplek stadion.

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ley
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Jebol Gawang Arema, Titan Curi Perhatian

Gerakan Lokal

Polisi Temukan Ribuan Ekstasi saat Gerebek Rumah Ini

Elegan, Makanan Penutup Berbentuk Cerutu Kuba

Dewan Segera Panggil Dinas Terkait

VIDEO