sunday story

Sensasi Nginap di Rumah Warga

  • 18-05-2019 / 21:57 WIB
  • Kategori:Internasional
Sensasi Nginap di Rumah Warga Nurul Hidajati dan Robi Sugianto

SUDAH 11 tahun pasangan suami istri (pasutri) Nurul Hidajati dan Robi Sugianto Tedjakusuma traveling ke luar negeri. Mereka memilih ala backpacker ke 35 negara sejak tahun 2008. Sekali jalan bisa menghabiskan waktu selama sebulan lebih di luar negeri. Sudah merasakan menginap mulai dari hotel, hostel, apartemen hingga camping. Bahkan di rumah warga sekalipun.

Nurul Hidajati dan Robi Sugianto Tedjakusuma punya hobi yang sama. Menjelajah dunia berdua."Kami melakukan dan mengatur perjalanan sendiri, tanpa ikut tour. Jadi bisa lebih bebas menentukan transportasi, penginapan dan lainnya" kata Nurul.

Pasutri ini memulai jelajah dunia dari Singapura dan Kuala Lumpur. "Sejak saat itu, setiap tahun kami usahakan untuk pergi ke luar negeri. Satu tahun tiga kali. Sekali pergi, terkadang bisa sampai satu bulan lebih," cerita warga Araya ini sambil tertawa.

Nurul dan Robi bahkan pernah melakukan perjalanan selama 41 hari di tiga negara di wilayah Caucasus. Yakni Georgia, Armenia dan Azerbaijan. "Setelah itu, lanjut explore di beberapa kota di Turki. Kemudian, pulangnya melewati kawasan Doha, ibu kota Qatar," jelasnya.

Untuk akomodasi, lanjut dia, tergantung negara tujuan dan style trip. "Misal, ketika keliling Eropa beberapa waktu lalu, sempat menginap selama tiga minggu di hotel, hostel dan apartemen," lanjut dia.

Dari sekian banyak pengalaman traveling, pasutri Nurul dan Robi punya sederet pengalaman seru. Salah satunya  ketika menjalani liburan ke New Zealand selama satu bulan. "Di sana, saya dan suami sempat menginap di rumah warga lokal dan berinteraksi secara langsung," papar dia.

Selama tinggal di rumah penduduk, Nurul juga belajar banyak hal. Mulai dari selera masakan dan banyak lagi. "Interaksi sosial biasanya ketika pagi, masak bareng untuk sarapan. Setelah itu, sibuk dengan kegiatan masing-masing. Malamnya baru ketemu lagi, untuk makan malam. Selepas makan, biasanya ngopi sambil ngobrol," papar Nurul.

Selama di New Zealand, Nurul juga sempat menghabiskan waktu di Holiday Park atau camping ground. Ia memiliki pengalaman berbeda selama di sana. Mulai dari camping dengan mendirikan tenda, bermalam di dalam mobil hingga menginap di rumah kayu. "Lokasinya berbeda-beda. Ada yang di tengah hutan di Glentanner Holiday Park, di depan Danau Tekapo & Glendu Bay Wanaka dan Moke Lake Camping site, yang ada di tengah gunung dan danau," cerita wanita ramah ini.

Saat camping, lanjut Nurul, ia sempat mengalami kedinginan. "Suhunya mungkin di bawah 0 derajat dan malamnya hujan deras. Tapi tetap menyenangkan. Selama camping juga ketemu wisatawan lain," lanjut dia.

Pasutri ini kompak mempersiapkan berbagai perlengkapan sebelum backpakcer. Tenda contohnya, ia bawa dari Malang. "Untuk keperluan lain, seperti sleeping bag, matras, kompor dan lainnya, saya belanja di Christchurch," kata dia.

Selama di Holiday Park, ada berbagai macam pilihan yang ditawarkan. Mulai dari buka tenda atau parkir mobil. "Bayarnya per kepala, istilahnya sewa lahan. Untuk dua orang, kami membayar 46 NZD (New Zealand Dollar), tergantung kita mau buka tenda atau tidur di mobil," jelasnya.

Bermalam di rumah kayu juga dikenakan tarif sesuai kamar yang disediakan. "Ada yang berupa dormitory room maupun private room, satu rumah untuk dua orang," kata dia.

Selain itu, sambung Nurul, juga ada camping ground dengan sistem self check in. Sehingga, tidak ada petugas yang ditempatkan di sana. "Kita isi form sendiri dan bayar cash. Nanti uang dan formulir disimpan di plastik lalu dimasukan dalam kotak. Besoknya, ada petugas yang ambil dan keliling perkemahan untuk mengecek," kata dia.

Selama backpacker, Nurul dan suaminya tak sekadar berlibur dan menambah wawasan tentang negara lain. Tapi membuat mereka makin bersyukur. "Banyak mengenal karakter orang dari berbagai belahan dunia. Satu lagi, semakin cinta Indonesia," pungkasnya. (tea/van)

  • Editor : van
  • Uploader : abdi
  • Penulis : tea
  • Fotografer : ya

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI