Rasakan 5 Manfaat Cengkeh Sebagai Minuman dan Aromaterapi

  • 19-05-2019 / 12:49 WIB
  • Kategori:lifestyle
Rasakan 5 Manfaat Cengkeh Sebagai Minuman dan Aromaterapi

MALANGPOSTONLINE.COM - Cengkeh tak hanya bisa digunakan sebagai bumbu dalam makanan, tetapi juga berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Penampilannya yang mungil dan aromanya yang kuat dari eugenol, membuat cengkeh disukai.

Cengkeh banyak digunakan di negara Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Selatan. Selain memasak, aroma yang kuat dari rempah-rempah ini membuatnya menjadi obat oles sebagai penolak serangga dan aromaterapi.

Cengkeh juga digunakan dalam pembuatan parfum, sabun, dan pasta gigi. Dalam pengobatan Tiongkok, India, dan Thailand, cengkeh bisa dijadikan teh untuk kesehatan. Seperti dilansir dari Fit The Quint, Minggu (19/5), ada beberapa manfaat dari cengkeh untuk tubuh.

Atasi Masalah Pencernaan

Cengkeh mengandung senyawa yang membantu mengendurkan lapisan saluran pencernaan, yang memberikan bantuan dari masalah pencernaan umum seperti muntah, diare, perut kembung dan sakit perut.

Baik Untuk Lambung

Cengkeh meningkatkan produksi lendir lambung, yang melindungi perut dengan bertindak sebagai pelindung. Pelindung ini mencegah kerusakan lapisan lambung yang pada akhirnya dapat menyebabkan bisul yang menyakitkan.

Meningkatkan Kesehatan Mulut

Banyak pasta gigi memasukkan cengkeh sebagai bahan utamanya. Tidak seperti obat kumur yang busa membunuh semua bakteri di mulut, cengkeh menyerang bakteri penyebab penyakit, sementara meninggalkan bakteri baik.

Meredakan Batuk

Eugenol dalam cengkih juga membantu meredakan gejala gangguan pernapasan. Diseduh ke dalam teh, cengkeh bertindak sebagai ekspektoran, mengeluarkan dahak dari dada. Memijat dada dengan minyak cengkeh juga mengurangi sesak dan membuka saluran pernapasan.

Anti Nyeri

Eugenol, bahan utama cengkeh, cukup efektif untuk menghilangkan semua jenis rasa sakit. (jpc/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : JPC
  • Fotografer : JPC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Divonis 5 Bulan, Vanessa Menerima, JPU Pikir-pikir

Ini Lho, Beda Safety dan Defensive Riding

Berkendara di Daerah Macet, Perhatikan Oli

VIDEO