SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah

Mantapkan Metode Experiential Learning

  • 19-05-2019 / 16:56 WIB
  • Kategori:Sekolah
Mantapkan Metode Experiential Learning OPTIMIS: Siswa-siswi kelas VI SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah bersama dengan Drs. Saleh Al-Baity selaku Ketua Yayasan dan Putri Haryun Aroeboesman, S.Pd, S.Pd., selaku Kepala Sekolah.

MALANG - Mendidik siswa  agar menjadi anak mandiri dibutuhkan sistem dan metode ajar tertentu. Tidak semua sistem pengajaran memberikan banyak ruang untuk siswa berkreasi. Sehingga hasil pembelajaran pun dinilai kurang efektif dan jauh dari yang diharapkan.

Oleh karena itu, sistem pembelajaran yang tepat untuk siswa di era saat ini, yakni memberikan mereka ruang lebih untuk belajar. Seperti yang diterapkan SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah selama ini. 

Guru di sekolah ini menerapkan metode Experiential Learning yakni proses belajar yang memberikan pengalaman secara langsung pada peserta didik. Mereka diberikan kesempatan untuk berkreasi dan menemukan permasalahan pada setiap materi atau objek yang dipelajarinya. 

Kepala SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Putri Haryun Aroeboesman, S.Pd, S.Pd.,mengatakan, metode pengajaran sacam ini merupakan metode ajar yang ramah anak. Mendidik siswa untuk mandiri dan percaya diri. 

“Sudah bukan waktunya lagi mengajar anak dengan ceramah dan terus mendikte mereka. Yang kami lakukan memberikan kesempatan luas agar anak bereksperimen dan menemukan permasalahan, agar tumbuh rasa percaya mereka,” ucapnya.  

Maka keberadaan kelas projek sangat penting sebagai sarana pembelajaran yang ramah anak. Dimana proses pembelajaran itu sendiri berpusat pada anak, bukan hanya menjustifikasi yang mempersempit ruang berpikir mereka. 

“Inilah yang tekankan dalam pembelajaran, agar anak-anak kami percaya diri dengan berani tampil dan menyampaikan pendapat,” terangnya. 

Dengan sistem dan metode pengajaran seperti ini, maka akan banyak pengetahuan yang didapat siswa. Selama enam tahun belajar di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah, segudang pengalaman telah mereka dapatkan. Sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang SMP. 

“Sistem yang kami lakukan untuk mendidik siswa telah menjadikan suatu hal yang luar biasa. Siswa menjadi mengerti banyak hal yang bermanfaat untuk pendidikan mereka selanjutnya,” ungkap Puput, sapaannya. 

SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah yang berdiri dengan visi misi menciptakan generasi qurani tentu saja tidak hanya fokus pada akademik saja. Alquran menjadi landasan yang sangat kuat dalam setiap pengajaran di sekolah ini. Sehingga lulusan SD Al-Irsyad Al Islamiyyah memiliki karakter yang baik dan berintelektual. 

“Harapan kami anak-anak bisa menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan. Tidak hanya tantangan intelektual tapi juga moral dan spiritual,” jelasnya. 

Oleh kerena itu sistem pendidikan dan pengajaran di SD Al-Irsyad dilaksanakan secara terpadu antara pengetahuan akademik dengan Alquran. Setiap materi yang diajarkan guru di kelas terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman. “Sehingga semakin tinggi ilmu siswa semakin bersyukur dan semakin bertambah takwanya kepada Allah,” jelas Puput. 

Kompetensi keilmuan seperti itulah yang diharapkan guru-guru SD Al-Irsyad Al Islamiyyah terhadap para lulusannya yang beberapa hari yang lalu diwisuda sebagai lulusan angkatan pertama.

Puput juga berharap kepada lulusan yang digelarinya sebagai the first inspiring generation ini untuk menjadi anak-anak yang saleh dan saleha, berbakti pada orang tua dan berguna bagi bangsa dan agama. 

“Sebagai angkatan pertama semoga memberikan inspirasi bagi adik kelasnya dengan torehan prestasi yang semakin baik di masa yang akan datang,” imbuhnya. 

Ia mengimbau agar para lulusan bisa melanjutkan ke sekolah yang tidak berbeda jauh kebiasaan dan budayanya dengan SD Al-Irsyad. Hal tersebut sebagai upaya agar para siswa dapat melanjutkan kebiasaan baik yang selama ini diamalkan di sekolah. “Terutama hafalan Alqurannya bisa ditingkatkan lebih banyak lagi. Sayang kalau sampai terputus atau bahkan hilang,” pungkasnya. (imm/oci)

  • Editor : oci
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Jebol Gawang Arema, Titan Curi Perhatian

Gerakan Lokal

Polisi Temukan Ribuan Ekstasi saat Gerebek Rumah Ini

Elegan, Makanan Penutup Berbentuk Cerutu Kuba

Dewan Segera Panggil Dinas Terkait

VIDEO