Lulus, Minimal Siswa Hafal 3 Juz

  • 19-05-2019 / 16:58 WIB
  • Kategori:Sekolah
Lulus, Minimal Siswa Hafal 3 Juz

MALANG - SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah meluluskan peserta didik angkatan kedua, tahun ini. Lulusan kali ini amat membanggakan, sebanyak 11 dari 29 siswa hafal lebih dari 3 juz Alquran. Bahkan dua diantaranya sudah hafal sampai 4 dan 6 juz. Sebuah pencapaian yang luar biasa oleh guru dan siswa di tahun kedua sekolah ini meluluskan peserta didiknya. 

Kepala SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Nurul Rizki Rahmawati Sukoco, S.Pd, Gr. mengatakan, yang menjadi target sekolah adalah seluruh siswa minimal hafal tiga juz sebelum mereka lulus. Tetapi target tersebut belum bisa dicapai secara keseluruhan, mengingat SMP Al-Irsyad baru meluluskan angkatan kedua. Belum lagi input siswa di sekolah ini sangat beragam. Tidak semua siswa baru yang masuk memiliki kemampuan membaca Alquran yang sama. 

“Jadi kami harus bisa memetakan siswa dengan benar sesuai kemampuan masing-masing demi pencapaian yang baik,” ucapnya. 

Menurutnya, dari 11 siswa yang hafal lebih dari tiga juz, menjadi bukti bahwa metode menghafal Alquran yang diterapkan selama ini sudah bagus. Hanya saja perlu strategi yang lebih jitu lagi agar target pencapaian tahfidz Quran lebih maksimal. 

“Yang jelas seluruh lulusan kelas IX ini sudah hafal juz 30. Kita akan terus berupaya agar semua lulusan SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah bisa hafal tiga juz Alquran, minimal 70 persen dari jumlah lulusan,” ujarnya. 

Selama ini di SMP Al Irsyad Al-Islamiyyah pembelajaran tahfidz quran dibagi tiga kelompok siswa sesuai kemampuannya. Masing-masing kelompok mempunyai target tersendiri untuk dicapai dalam kurun waktu tertentu. 

Rizki menegaskan, peran orang tua sangat menentukan suksesnya hafalan quran. Karena di rumah siswa harus melakukan muroja’ah yakni mengulang kembali materi hafalannya. Kalau tidak akan sulit bisa mendapatkan hasil yang cepat. 

“Maka kami butuh komitmen orang untuk mendukung suksesnya hafalan anak-anak, sebab di sekolah, anak hanya delapan jam. Selebihnya di rumah bersama keluarga,” tuturnya.  

Ia menuturkan, SMP Putri  Al-Irsyad Al-Islamiyyah berdiri dengan sistem semi pesantren. Maka dari itu penekanan siswa siswi di sekolah ini kepada pemahaman terhadap Alquran. Baik penguasaan tajwid, tahsin, tartil hingga pada tahfidz. 

“Tujuan kami ingin mencetak generasi qurani yang menjaga Alquran dan dijaga oleh Alquran,” terangnya. 

Rizki berharap dengan berbekal ilmu yang didapat para lulusan SMP Al Irsyad Al-Islamiyyah mampu menjaga  amanah sebagai generasi qurani dan muslimah yang sejati. 

“Dengan cara menjaga sikap sesuai tuntunan Alquran. Terutama bisa menghadapi ere globalisasi dengan bijaksana,” tukasnya. 

Pekan lalu, SMP Putri Al Irsyad Al Islamiyah menggelar wisuda siswi kelas IX. Acara berlangsung khidmat dan lancar. Dalam acara tersebut, sekolah memberikan penghargaan kepada para siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik. Penghargaan diberikan berupa tropi dan piagam dari sekolah. 

Ketua Yayasan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Drs. Saleh Al-Baity berharap lulusan Al-Irsyad Al Islamiyyah menjadi generasi unggul yang turut berkiprah membangun bangsa dan negara serta bermanfaat bagi agama Islam. 

“Sesuai dengan visi dan misi kami dalam mendirikan lembaga pendidikan Al-Irsyad Al-Islamiyyah yakni melahirkan SDM berkualitas yang berasaskan Alquran,” ungkapnya. (imm/oci)

  • Editor : oci
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Jebol Gawang Arema, Titan Curi Perhatian

Gerakan Lokal

Polisi Temukan Ribuan Ekstasi saat Gerebek Rumah Ini

Elegan, Makanan Penutup Berbentuk Cerutu Kuba

Dewan Segera Panggil Dinas Terkait

VIDEO