Pasar Murah Ramadan Kota Batu

Sembako Subsidi, Takjil Gratis, Penukaran Uang hingga Festival Religi

  • 20-05-2019 / 13:35 WIB
  • Kategori:Batu
Sembako Subsidi, Takjil Gratis, Penukaran Uang hingga Festival Religi PSAR MURAH: Pasar murah Ramadan yang digelar Pemkot Batu setiap tahunnya di parkiran Balai Kota Among Tani Batu dengan menyediakan sembako harga murah. (Kerisdianto/Malangpostonline.com)

BATU - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diskumdag) Kota Batu menggelar Pasar Murah Ramadan untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako di pasaran. Rencananya pasar murah akan digelar mulai 22-26 Mei mulai pukul 13.00-21.00 WIB di parkiran Among Tani Kota Batu.

Kabid Perdagangan Diskumdang,  Kaero Latif Setiawan mengatakan Pasar Murah Ramadan yang digelar selama lima hari ini bertujuan untuk mewaspadai adanya lonjakan harga dan stok sembako di pasar mendekati lebaran. Meski diketahui hingga saat ini Tim Satgas Pangan telah melakukan sidak pasar selama dua kali untuk mencegah naiknya harga sembako. 

"Pasar Murah  Ramadan yang kami gelar tak hanya untuk antisipasi peningkatan harga dan konsumsi masyarakat di bulan Ramadan. Tapi juga untuk meningkatkan perekonomian pelaku UMKM di Kota Batu," ujar Latif kepada Malangpostonline.com Senin (2/5) siang. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, nantinya akan ada 50 stand yang disiapkan. Dari stand tersebut akan menjual sembako, fashion, snack, kerajinan, penukaran uang, kuliner, hingga produk UMKM di Kota Batu. 

Sedangkan untuk total sembako diantarnya beras 11,5 ton dengan harga Rp 10-11 ribu per Kg, gula sebanyak 9,5 ton dengan harga Rp 11 ribu per Kg, minyak goreng 6,5 ton dengan harga Rp 11-13 ribu per liter, dan telor yang akan disegiakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu.

"Semua harga tersebut dipastikan di bawah harga eceran tertinggi (HET). Beberapa sembako tersebut telah kami subsidi. Begitu juga dengan sayuran disubsidi oleh Dinas Pertanian dan telor oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu," bebernya. 

Selain itu, pihaknya juga akan membagikan takjil gratis selama lima hari kepada pengunjung. Sedangkan untuk penukaran uang hanya dilakukan tiga hari antara tanggal 22-24 Mei mulai pukul 09.00 WIB. 

"Untuk jumlah uang yang menyediakan dari BI. Informasi yang kami terima per hari disiapkan sekitar 300 paket. Tiap paket Rp 3,7 juta terdiri satu pekat Rp 20 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 5 ribuan. Penukaran uang khusus warga Kota Batu dengan persyaratan menunjukkan identitas KTP," urainya. 

Ditambahkan oleh Plt. Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono bahwa pihaknya akan menggelar Festival Religi Ramadan pada 23-24 Mei. "Untuk Festival Religi nantinya kami akan tampilkan seni hadrah dan gambus yang diiisi oleh masyarakat Kota Batu," imbuhnya. 

Dengan adanya Pasar Murah Ramadan pihakny berharap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Batu, begitu juga dengan ASN di Pemkot Batu. Selain itu dalam Pasar Murah Ramadan nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk ngabuburit, hiburan, dan takjil gratis dengan beberapa stand kuliner yang telah disediakan. (eri)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU