Pembobol SMP An-Nur 2 Bululawang Tertangkap

  • 20-05-2019 / 16:55 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Pembobol SMP An-Nur 2 Bululawang Tertangkap Tersangka Syahrul Gunawan sesaat setelah diamankan Unit Reskrim Polsek Bululawang, serta barang bukti yang diamankan.

MALANG - Kerja cepat  Unit Reskrim Polsek Bululawang membuahkan hasil. Selang sehari setelah mendapat laporan pencurian di ruang kesiswaan SMP An-Nur 2 Bululawang, polisi berhasil menangkap pelakunya, Senin (20/5) dini hari kemarin. Tersangkanya Syahrul Gunawan, 19, Desa Purworejo, Kecamatan Tempursari, Lumajang.

Tersangka yang tinggal di tempat kost di sekitar GOR Ken Arok Kota Malang ini, ditangkap di sekitar Jalan Raya Kota Lama, Kecamatan Kedungkandang. Dari tangannya, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Seperti laptop, note book, kamera DSLR, HP, serta motor untuk sarana mencuri.

"Kasusnya masih kami kembangkan. Karena kemungkinan ada TKP pencurian lain. Termasuk mengembangkan apakah ada pelaku lainnya," ujar Kanitreskrim Polsek Bululawang, Iptu Ronny Marghas.

 

Diperoleh keterangan, tersangka Syahrul ini mencuri di ruang kesiswaan SMP An-Nur 2 Bululawang, sebanyak dua kali. Pertama pada hari Minggu (5/5), kemudian aksi pencurian keduanya pada hari Jumat (17/5) lalu.

Aksi pencuriannya sama-sama dilakukan pada pukul 18.30, dengan berpura-pura sebagai santri saat masuk halaman pondok pesantren. Hanya modus operandinya saja yang berbeda.

 

"Pencurian pertama modusnya dengan memotong gembok. Sedangkan aksi pencurian yang kedua dengan merusak ventilasi udara," jelas mantan Kanitreskrim Polsek Bululawang.

Setelah berhasil masuk, tersangka langsung bergerilya. Ia mengambil barang-barang berharga milik para guru. Begitu berhasil mendapatkan barang jarahan, tersangka langsung kabur lewat jalan semula.

Terungkapnya aksi pencurian ini, berawal dari laporan para guru yang menjadi korban ke Polsek Bululawang. Polisi yang mendapat laporan segera menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.

Hasil penyelidikan, diketahui bahwa pada Minggu (19/5) tersangka menjual laptop merk HP melalui akun Facebook. Petugas yang meyakini bahwa laptop tersebut adalah hasil kejahatan yang dicuri di SMP An-Nur 2 Bululawang, akhirnya mencoba memancing dengan menawarnya.

Upaya petugas membuahkan hasil. Tersangka percaya dengan tawaran petugas. Kemudian mengajak janjian bertemu untuk transaksi di sekitar Jalan Kota Lama, Kedungkandang, Senin dini hari. Begitu tersangka datang dan menyerahkan laptopnya, polisi langsung menangkapnya.

Selanjutnya dikembangkan ke tempat kosnya, untuk mencari barang bukti lainnya. "Sebagian barang bukti ada yang disimpan di bawah pohon di selatan GOR Ken Arok dengan ditutupi rimbunan daun," terangnya.

Sementara, dalam pemeriksaan tersangka mengakui aksinya dilakukan seorang diri. Dia nekat mencuri karena butuh uang. "Saya mencuri karena butuh uang untuk biaya hidup sehari-hari," ucap tersangka di hadapan penyidik.(agp)

  • Editor : Husnun
  • Uploader : slatem
  • Penulis : agp
  • Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Menhan: Lebih Aman, Tidak Ada Chaos Usai Putusan MK

Divonis 5 Bulan, Vanessa Menerima, JPU Pikir-pikir

Ini Lho, Beda Safety dan Defensive Riding

Berkendara di Daerah Macet, Perhatikan Oli

VIDEO