trial_mode: on

Terapkan Sapta Pesona Untuk Menyambut Libur Lebaran

  • 20-05-2019 / 19:40 WIB
  • Kategori:Destinasi
Terapkan Sapta Pesona Untuk Menyambut Libur Lebaran Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made arya Wedanthara berpose di salah satu both foto selfie di Pantai Balekambang.(Disparbud for Malangpostonline.com)

MALANG - Musim libur lebaran, kunjungan wisata di pantai dipastikan naik dibandingkan hari-hari biasa. Kepastian ini mengacu pada musim lebaran tahun-tahun sebelumnya. Dimana kunjungan wisatawan di pantai bisa naik tiga kali lipat. Lantaran itulah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang pun merespon dengan baik. Salah satunya dengan meninjau beberapa pantai yang kerap dikunjungi wisatawan.

"Hari ini (Senin) kami meninjau tiga pantai, yaitu Pantai Balekambang, Pantai Nganteb, dan Pantai Parangdowo," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten malang, Made Arya Wedanthara.

Dalam peninjauan itu, Made mengatakan peninjauan ini dilakukan bukan sekadar melihat keindahan pantai. Tapi lebih pada kesiapan pengelola, dalam menyambut musim libur lebaran. 

"Kami cek kesiapan pengelola agar pada saat libur lebaran nanti pengunjung bisa berekreasi dengan aman dan nyaman," tambah made. Dia menyebutkan, kesiapan pengelola menyambut wisatawan menjadi hal penting. Bahkan itu menjadi tolak ukur pariwisata di wilayah Kabupaten Malang. 

Bukan tanpa alasan, dia mengatakan dengan pengelola yang siap, maka kunjungan wisata akan meningkat. Dan kunjungan mereka juga membawa kenangan. "sehingga potensi wisatawan datang lagi ke destinasi itu pun lebih kuat," tambah pria asal Bali ini.

Selain tiga pantai yang jadi jujugan, made juga mengatakan ada beberapa pantai lagi yang sangat bagus untuk dikunjungi saat musim lebaran. Diantaranya Pantai Goa China, Pantai Wedi Awu, Pantai Bolu-Bolu dan Pantai Lenggoksono, Pantai Batu Bekung. 

 "Bila destinasinya sudah siap, tinggal bagaimana pengelolanya konsisten menetapkan sapta pesonanya saja," bebernya.

Made juga menyebutkan, pantai-pantai yang indah terhampar di sepanjang wilayah kabupaten malang ini sekaligus menguatkan  10 destinasi wisata mudik terbaik yang ditetapkan Kementerian Pariwisata. 

"Selain Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Coban Rondo serta Desa Wisata Pujon Kidul, ada  pantai diwilayah kabupaten yang juga sangat apik untuk dikunjungi saat libur lebaran," 

Sementara itu, Kepala UPT Pantai Balekambang, Yasdi membenarkan kunjungan wisata saat libur lebaran naik hingga tiga kali lipat. " tahun lalu kunjungan wisata di Pantai Balekambang saat libur lebaran mencapai 30 ribu.

Kami mencoba untuk mempertahankan jumlah tersebut," katanya. Salah satu upaya yang dilakukan, selain menjaga kebersihan dan keamanan pantai, pihaknya juga menambah fasilitas. Yaitu both foto selfie. Dia mengatakan ada tiga both foto selfie baru yang siap, untuk menyambut musim libur lebaran. (ira)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ica
  • Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI