Antrean Panjang PPDB SMP Berlanjut Hingga Hari Kedua

  • 21-05-2019 / 12:24 WIB
  • Kategori:Sekolah
Antrean Panjang PPDB SMP Berlanjut Hingga Hari Kedua

MALANG-Antrean panjang pendaftaran PPDB di SMPN 21 pada hari pertama masih berlanjut hingga pada hari kedua pendaftaran, Selasa (21/5).

Sebelumnya viral video antrean peserta pendaftar yang umumnya didampingi oleh orang tuanya mencapai ratusan meter mengular hingga keluar lingkungan sekolah.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 21 RV. Sudharmanto, S.Pd, M.KPd menyampaikan pada Malangpostonline.com bahwa terdapat setidaknya 959 formulir yang diambil oleh para calon pendaftar pada hari pertama.

Hingga berita ini ditulis, sudah ada 806 yang diserahkan kembali ke panitia serta 484 berkas yang sudah diverifikasi.

“Kita sediakan formulir seribu lebih, karena berapa pun pendaftarnya harus kita tampung. Walaupun pagu kita hanya 240,” ungkap Sudharmanto yang sekaligus menjadi Ketua Pelaksana PPDB di SMPN 21 tersebut.

Disebutkan bahwa antrean pendaftar pada hari pertama dilakukan dengan cukup tertib, bahkan para orang tua pendaftar yang umumnya telah datang sejak dini hari membentuk pola antrean mandiri dan membuat catatan sebelum panitia tiba di lokasi pendaftaran.

“Antreannya kemarin panjang, para orang tua pendaftar yang buat pola antrean sendiri. Mereka ada yang datang sejak dini hari,” lanjutnya.

SMPN 21 menjadi bagian dari Zona IX yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Malang. Jadi antrean yang cukup panjang salah satunya disebabkan oleh peserta pendaftar PPDB yang tak hanya berasal dari dalam Kota.

“SMPN 21 sesuai dengan Zona IX menampung lima kelurahan, ditambah dengan peserta asal Kabupaten yang lulus dari SD di Kota,” terang Waka Humas M. Afri Surahman, S.Pd.

Sesuai dengan ketentuan, mereka yang lulusan sekolah di Kota meskipun rumahnya berada pada wilayah Kabupaten diperbolehkan mendaftar PPDB Kota namun tetap berbasis zonasi. Sedang pengukuran jaraknya tetap berpatokan pada ‘google map’.

Lebih lanjut, antrean panjang pada hari pertama pendaftaran PPDB di SMPN 21 membuat proses verifikasi berkas pendaftar tak cukup hanya dilaksanakan dalam satu hari. Jadi antrean hari kedua di SMPN 21 umumnya adalah mereka yang sudah mengambil formulir pada hari pertama.

“Semua tahapan di sini ada nomor antreannya, dari mulai pengambilan formulir hingga tahap pengambilan print out bukti pendaftaran. Jadi kalau ada tahap yang nomor antreannya cukup jauh, kita sarankan untuk lanjutkan keesokan harinya,” sambungnya.

Seperti salah satu orang tua peserta pendaftar yakni Pak Agus, yang pada hari pertama antre sejak jam 5.00 pagi dan mendapat nomor urut 380. Pada Selasa pagi, ia baru selesaikan tahap verifikasi berkas sehingga ia mendapat nomor antrean 613 untuk tahap print out bukti pendaftaran.

Proses pendaftaran PPDB sesuai dengan jadwal dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00. Namun karena banyaknya berkas pendaftar yang masuk, hari pertama diberi masa perpanjang hingga pukul 15.00. Sedang pada hari kedua ini, panitia juga memajukan jam operasional pada pukul 06.30 agar proses verifikasi bisa dilakukan lebih awal.

Dilaksanakan selama tiga hari, PPDB tingkat SMP jalur zonasi akan berakhir pada 22 Mei dan pengumumannya akan dilakukan pada 23 Mei. Sementara itu, PPDB jalur prestasi yang sudah dilakukan pada seminggu sebelumnya telah diumumkan pada 20 Mei kemarin. Untuk SMPN 21 sendiri sudah terdapat 4 berkas calon siswa yang sudah masuk melalui jalur prestasi. (mg3/bua)


  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Inasa
  • Fotografer : Inasa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI