Persiapan Adipura 2019, DLH Tambah Fasilitas TPA

  • 21-05-2019 / 15:27 WIB
  • Kategori:Batu
Persiapan Adipura 2019, DLH Tambah Fasilitas TPA BANGUN: Pembangunan hanggar cuci armada pengangkut sampah di TPA Tlekung tengah dikerjakan untuk persiapan Adipura, Selasa (21/5) siang. (Kerisdian/Malangpostonline.com)

BATU - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu terus melakukan peningkatan berbagai fasilitas untuk persiapan Adipura tahun ini. Beberapa fasilitas diantarnya penambahan vertikal garden, pengolahan TPST tiap RW, serta penambahan fasilitas TPA Tlekung.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala DLH Kota Batu, Arief As Siddiq tahun ini pihaknya optimis bisa meraih Piala Adipura. Setelah tahun 2018 lalu Kota Batu sukses meraih sertifikat Adipura untuk kedua kalinya.

"untuk persiapan Adipura tahun ini kami menyempurnakan fasilitas tambahan. Terutama untuk titik rawan yang menjadi masalah kebersihan dan persampahan," ujar Arief kepada Malangpostonline.com Selasa (21/5) siang. 

Ia menguraikan, penambahan fasilitas dilakukan di titik rawan seperti jembatan yang biasa digunakan masyarakat membuang sampah. Yakni dengan pemasangan vertikal garden.

Kemudian untuk di Desa/Kelurahan DLH melakukan pembinaan terhadap masyarakat khususnya anggota bank sampah untuk pengelolaan limbah sampah di tingkat rukun warga (RW). Serta pembangunan TPST dengan memanfaatkan dana CSR perusahaan yang ada di Kota Batu.

"Untuk saat ini Kota Batu telah memiliki 4 TPST. Kami menargetkan tahun ini ada 11 TPST yang akan dibangun," imbuhnya. Ia menambahkan, empat TPST yang telah dibangun tersebut adalah Dadaprejo, Temas, Tulungrejo, dan Pandanrejo. Sedangkan 7 TPST yang belum dibangun akan masuk dalam paket lelang. 

Selain itu penyempurnaan fasilitas juga dilakukan di TPA Tlekung. Dengan pengadaan mesin insenator  senilai Rp 5 miliar. Kemudian jembatan timbang senilai Rp 300 juta serta pembangunan tempat pencucian truk sampah.

"Dengan tambahan fasilitas tersebut kami berharap target Piala Adipura bisa diraih oleh Kota Batu. Selain itu juga mendukung program Pemkot Batu bersih dari sampah tahun 2020," pungkasnya. (eri)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU