caleg muda

Usia Termuda, Suara Terbanyak

  • 23-05-2019 / 00:14 WIB
  • Kategori:Malang
Usia Termuda, Suara Terbanyak VENNY Ayu Soraya

VENNY Ayu Soraya tidak menduga bakal menjadi anggota DPRD Kabupaten Malang, periode 2019 - 2024. Pasalnya wanita berusia 24 tahun ini pertama kali nyaleg di Pemilu 2019.

Hebatnya lagi, selain menjadi anggota DPRD Kabupaten Malang termuda, wanita kelahiran 13 Januari 1995 ini, juga peraih suara terbanyak. Dia mendapatkan 17.543 suara. Perolehan tersebut mengungguli 49 anggota dewan terpilih. 

"Saya sama sekali tidak menyangka. Ini kejutan bagi saya, karena bisa menjadi anggota DPRD," ucap Venny Ayu Soraya.

Venny anak kedua dari empat bersaudara pasangan Mat Salim dan Ngatemi. Dia tinggal di Desa Sumbersuko, Kecamatan Dampit. Ayahnya, Mat Salim menjabat  Kepala Desa Sumbersuko.

Terjun di dunia politik tahun ini, merupakan yang kali pertamanya. Lulusan S1 Sekolah Tinggi Sosial Politik Waskita Dharma Malang itu sebelumnya bekerja di Kantor Desa Sumbersuko. Pertama dia sebagai Kaur Tata Usaha dan Umum  tahun  2014 - 2017.

Kemudian pada awal tahun 2018, Venny naik jabatan menjadi sekretaris desa. Namun pada  Juli lalu mengundurkan diri karena mendaftarkan sebagai calon legislative (caleg) anggota DPRD Kabupaten Malang.

"Pendaftaran pada saat itu kurang dua hari. Ada partai PDI Perjuangan membutuhkan calon perempuan untuk mencukupi 30 persen keterwakilan perempuan. Karena ini peluang untuk terjun ke dunia politik, akhirnya saya memutuskan untuk mencalonkan," jelasnya.

Venny terdaftar di daerah pilihan (dapil) 2 meliputi Kecamatan Ampelgading, Turen, Dampit dan Tirtoyudo. Dari daerah pilihan tersebut, ia mengalahkan Dra. Tutik Yunarni yang merupakan kader PDI Perjuangan.  

Menurutnya, berdasarkan survei perolehan suara terbanyak didapatkan dari kalangan muda atau milenial. Karena, pada saat maju Venny mengaku lebih mendekatkan diri pada anak muda. Ia mengajak anak muda, untuk sadar politik dengan mensukseskan Pemilu 2019 lalu.

"Saya mengajak generasi milenial karena dulunya mereka yang apatis dengan politik, akhirnya melalui pendekatan saya bisa mengajak mereka berpolitik," ucapnya.

Dengan terpilihnya sebagai wakil rakyat dari kalangan generasi muda, Venny menunjukkan bahwa anak muda tidak bisa diremehkan. Sekaligus membuktikan generasi muda tidak harus memimpin di masa depan, tetapi bisa di masa kini.

"Saya pastinya akan memperjuangkan aspirasi dari generasi muda. Pasalnya, selama ini aspirasi generasi muda masih kurang kurang diterima. Asalkan aspirasinya positif dan membangun Kabupaten Malang untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang, khususnya dapil 2," pungkasnya.(agp/van)

  • Editor : van
  • Uploader : hargodd
  • Penulis : agp
  • Fotografer : -

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI