Catat! Underpass Karanglo Difungsionalkan H-7 Hingga H+7 Lebaran

  • 23-05-2019 / 00:53 WIB
  • Kategori:Malang
Catat! Underpass Karanglo Difungsionalkan H-7 Hingga H+7 Lebaran Pekerja tampak memasang dinding beton prices di underpass Singosari. Rencananya H-7 hari raya, underpass difungsionalkan

SINGOSARI – PT  Jasamarga Pandaan Malang pastikan H-7 lebaran, underpass Karanglo (Singosari) difungsionalkan. Tidak hanya satu lajur, tapi dua lajur sekaligus. Rencananya, fungsional akan dilakukan hingga H+7 lebaran.

Direktur Tehnik PT Jasamarga Pandaan Malang, Siswantono mengatakan, dibukanya dua lajur underpass ini dilakukan untuk melayani masyarakat, yang melakukan aktifitas mudik maupun balik.

”Karena saat mudik nanti volume kendaraan meningkat, begitu juga saat balik. Untuk itu, sementara waktu underpass difungsionalkan. Tujuannya, untuk mengantisipasi terjadi kemacetan,’’ katanya.

Siswantono mengatakan, sebetulnya satu lajur underpass Karanglo sudah difungsikan sejak beberapa minggu lalu. Fungsional itu dibuktikan dengan dibukanya akses menuju jalan pendukung tol Malang Pandaan.

”Penutup jalan, dari arah Malang-Surabaya sudah dibuka, boleh kendaraan melintas. Tapi ya itu, belum banyak yang memanfaatkan,’’ kata Siswantono. Dia juga mengatakan, untuk fungsional underpass ini, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian.

”Saat seksi 1, seksi 2, dan seksi 3 tol dioperasionalkan, memang ada penumpukan kendaraan di simpang empat Karanglo. Terutama untuk arus dari Malang-Surabaya. Mengacu kondisi itu, kemudian kami pun membuka akses. Satu hari sempat lancar, tapi entah sekarang kok menumpuk lagi, padahal jalan ini bisa difungsikan, tapi belum ada yang tertarik untuk melintas,’’ ucapnya.

Dia mengatakan, jika dibukanya satu lajur underpass ini tujuannya adalah untuk mengantisipasi terjadi penumpukan kendaraan.

Ditanya progres pembangunan, Siswantono mengatakan saat ini, masih tahap pemasangan beton prices untuk dinding underpass.

”Kenapa satu lajur yang difungsikan, yaitu lajur barat, karena lajur timur masih dilakukan pemasangan beton prices. Kami selesaikan dulu di lajur timur, sehingga begitu selesai, ganti yang dilajur barat,’’ tambahnya.

Saat lajur barat yang dikerjakan, maka menurut Siswantono fungsional underpass pun ganti di lajur sisi timur.

”Masih belum dua arah atau dua lajur, karena memang masih dibangun. Kalau dua lajur semuanya difungsikan, kami kawatir, pengerjaan underpass semakin molor dan tidak sesuai dengan target,’’ tambahnya.

Pemilik hobi gowes ini mengaku, jika pembangunan underpass ini sedikit molor dari target yang sudah ditentukan. Semula, pihak PT Jasamarga Pandaan Malang mentargetnya pengerjaan underpass selesai awal Mei lalu. Sampai saat ini, pengerjaan underpas belum selesai, dan baru mencapai 90 persen.

”Nanti fungsional H-7 lebaran, maka pengerjaan pun libur.  Kami akan melanjutkan bekerja lagi setelah H+7. Kendaraan yang akan melintas akan diatur, sesuai kondisi di lapangan,’’ bebernya. Untuk itu, pihak PT Jasamarga Pandaan pun terus berkomunikasikan dengan pihak kepolisian. (ira/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU