480 THL Tak Dapat THR, Kepala OPD Diharapkan Beri Perhatian

  • 23-05-2019 / 14:39 WIB
  • Kategori:Batu
480 THL Tak Dapat THR, Kepala OPD Diharapkan Beri Perhatian THL: Para THL di salah satu OPD Pemkot Batu tengah melakukan pelayanan masyarakat. (Kerisdianto/Malangpostonline.com)

BATU - Kabar tak membahagiakan harus diterima oleh tenaga harian lepas (THL) atau honorer di Pemkot KWB. 480 THL tahun ini tidak dapat THR.  

Hal itu ditegaskan oleh Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M bahwa tahun ini THL Pemkot KWB tak akan menerima THR. Tapi pihaknya mengimbau agar Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabid, Kasi dan pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkot Batu menyisihkan sedikit uang untuk diberikan kepada THL.

"Sebenarnya tiap OPD sudah menganggarkan THR dalam APBD 2019 seperti tahun lalu. Namun karena tak ada landasan hukum dari pusat. Para pegawai THL atau honorer ini tak bisa menerima THR," ujar Punjul kepada Malangpostonline.com Kamis (23/5) siang di kantornya. 

Karena itu, ia menghimbau tiap OPD menyisihkan uang pegawainya secara sukarela. Kemudian diberikan kepada THL atau Honorer.  

Ia mencontohkan di Dinas Pertanian harus mengatur secara kekeluargaan. Mengingat untuk THL atau honorer tiap OPD rata-rata ada 4 orang. Sehingga tidak terlalu berat bagi pegawai yang sudah PNS untuk patungan secara sukarela memberikan THR.

"Karena jumlah THL sedikit jadi tidak berat. Ini juga upaya agar PNS memiliki rasa kebersamaan dan kepedulian bagi THL," imbuhnya.  

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Batu, Eddy Murtono M.H menambahkan tidak diberinya THR bagi THL karena tidak ada landasan hukum. Sehingga ditakutkan ketika THR yang telah dianggarkan tiap OPD diberikan kepada THL akan dipertanyakan dan menjadi masalah ketika dicek oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

Sementara untuk ASN atau PNS diungkapnya pencairan THR akan diberikan tanggal 27 Mei mendatang. Dengan paling lambat tanggal 28 Mei. "Berbeda dengan PNS, THR bisa mulai cari tanggal 27 dan paling lambat 28 Mei. Penyerahan melalui rekening masing-masing," pungkasnya. (eri)

  • Editor : Husnun
  • Uploader : irawan
  • Penulis : eri
  • Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Divonis 5 Bulan, Vanessa Menerima, JPU Pikir-pikir

Ini Lho, Beda Safety dan Defensive Riding

Berkendara di Daerah Macet, Perhatikan Oli

VIDEO