Roti Rendah Gula Aman Untuk Diabetes Mellitus

  • 27-05-2019 / 00:04 WIB
  • Kategori:Kuliner
Roti Rendah Gula Aman Untuk Diabetes Mellitus Tiga mahasiswa prodi Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat inovasi roti ramah bagi penderita Diabetes Mellitus.

MALANG - Tingginya kandungan gula pada roti tak jarang membawa dampak buruk bagi penderita Diabetes Mellitus yang gemar mengonsumsi makanan berbahan dasar tepung ini. Untuk menekan penyakit ini semakin meraja lela menggerogoti tubuh penderitanya, tiga mahasiswa prodi Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptakan sebuah inovasi baru.

Tiga nama mahasiswa tersebut antara lain Novitasari Dwi Mar'atusholihah, Anggun Nurani, dan Rehan Almira. Roti yang ramah bagi para penderita Diabetes Millitus ini menambahkan bahan dengan ekstrak Okra atau Abelmoschus Esculentus.

Ketua Kelompok, Novitasari Dwi Mar'atusholihah, mengatakan tanaman asli Afrika ini menjadi bahan tambahan untuk menekan kadar gula pada roti yang dinamai dengan Rita Ok (Roti Tawar Okra).

"Buah okra adalah salah satu tanaman tinggi serat dan kandungan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan," kata Novita.

Kandungan kimia dari okra diantaranya adalah 67,50 persen α-selulosa, 15,40 persen hemiselulosa, 7,10 persen lignin, 3,40 persen komponen pektik, 3,90 persen komponen lemak dan linin serta 2,70 persen ekstrak air. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antidiabetes.

Digagas sejak awal April lalu, Roti ramah bagi penderita Diabetes Mellitus kini tengah diikutkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Ada dua uji yang dilakukan yakni uji infito sudah berlangsung dan kedua uji serat.

"Dalam pembuatannya, buah Okra diekstrak dan akan berbentuk gel yang kemudian dicampurkan kedalam bahan roti, baru kemudian roti diolah seperti pada umumnya," paparnya.

Roti ramah penderita Diabetes Mellitus ini memikiki perbedaan dari segi tekstur yakni lebih lembek. Penelitian akan terus dimaksimalkan dalam waktu empat bulab oleh Novita dan dua teman lainnya. Penelitian yang dibimbing oleh Dr. Ir. Warkoyo, MP diharapkan mendapat informasi produk ekstrak buah okra yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

"Tujuannya agar dapat dijadikan alternatif produk pangan aman untuk dikonsumsi penderita Diabetes Mellitus," tandas Mahasiswi semester 6 ini. (lin)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : lin
  • Fotografer : lin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI