Kerusuhan di Penjara Brasil, 42 Tahanan Tewas Dicekik

  • 28-05-2019 / 10:26 WIB
  • Kategori:Internasional
Kerusuhan di Penjara Brasil, 42 Tahanan Tewas Dicekik

MALANGPOSTONLINE.COM -  Setidaknya 42 tahanan tewas dicekik dalam bentrokan antar-geng di empat penjara di Manaus, Amazon, Brasil, pada Senin (27/5).

Departemen lembaga pemasyarakatan Amazon mengonfirmasi jumlah tahanan yang tewas dalam bentrokan tersebut melalui pernyataan pada Selasa (28/5).

Namun, mereka memastikan bahwa aparat sudah mengendalikan situasi di keempat penjara tersebut, tanpa penjelasan lebih lanjut.

Bentrokan dalam penjara semacam ini sudah biasa terjadi di Brasil, di mana para pentolan geng narkoba biasanya memegang kendali atas hotel prodeo tersebut.

Perkelahian ini sendiri terjadi hanya berselang satu hari setelah bentrokan serupa terjadi di penjara yang sama dengan korban tewas hingga 15 orang.

Salah satu kerusuhan penjara terbesar di Brasil terjadi pada 2017, ketika 150 tahanan tewas dalam bentrokan besar-besaran selama tiga pekan di sejumlah pusat tahanan.

Perseteruan ini dipicu oleh pertikaian anggota dua kartel narkoba besar di Brasil, First Capital Command dan Red Command.

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, berjanji akan merebut kembali kendali atas penjara di negaranya. Ia juga berjanji akan membangun lebih banyak lembaga pemasyarakatan.

Namun, kebanyakan penjara di Brasil didaftarkan pada level negara bagian. Selama berpuluh tahun, penjara-penjara itu sudah terlalu penuh, menjadi ladang bagi kartel narkoba untuk merekrut anggota. (cnn/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : CNN
  • Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Jebol Gawang Arema, Titan Curi Perhatian

Gerakan Lokal

Polisi Temukan Ribuan Ekstasi saat Gerebek Rumah Ini

Elegan, Makanan Penutup Berbentuk Cerutu Kuba

Dewan Segera Panggil Dinas Terkait

VIDEO