trial_mode: on

Semangat Menghafal Alquran, Siswa Terbaik Mendapat Reward

  • 29-05-2019 / 10:34 WIB
  • Kategori:Sekolah
Semangat Menghafal Alquran, Siswa Terbaik Mendapat Reward TEKUN: Para siswa SMK Farmasi Maharani membaca dan menghafal Alquran usai Salat Duha tadi pagi.

MALANG - SMK Farmasi Maharani memberikan reward kepada siswanya yang berhasil menghafal surat Alquran terbanyak. Selain hafal juga harus bisa membaca dengan bacaan yang baik dan benar. 

Reward tersebut diberikan sebagai penghargaan buat siswa yang tekun membaca dan menghafal Alquran. 

Kegiatan menghafal Alquran ini merupakan bagian dari agenda pondok Ramadan yang berlansung mulai Senin lalu hingga hari ini. Selama tiga hari para siswa terlihat bersungguh-sungguh menghafal surat-surat pendek utamanya yang ada di juz 30. 

Kordinator Pondok Ramadan, Mardhatillah, S.Pd., mengatakan Bulan Ramadan sebagai bulan suci penuh rahmat dijadikan momentum oleh guru SMK Farmasi Maharani untuk mendekatkan peserta didiknya kepada Alquran. Terutama siswa-siswi yang muslim. “Mungkin di rumah mereka jarang membaca Alquran, maka selama pondok Ramadan ini kita bimbing agar anak-anak mulai rajin mengaji,” ujarnya.

Lebih dari itu, Alquran tidak sekedar dibaca tetapi juga dihafalkan. Dan hebatnya, meskipun belajar di sekokah umum, siswa-siswi SMK Farmasi Maharani banyak yang berhasil menghafal. “Bahkan ada yang sudah hafal juz 30. Yang pasti itu karena dukungan dari keluarga mereka di rumah,” kata Marda. 

Oleh sebab itu, apresiasi akan diberikan kepada siswa dengan hafalan terbanyak dan bacaan terbaik. Rencananya reward tersebut akan diberikan nanti sore saat acara buka puasa bersama. “Mungkin hadiahnya berupa peralatan ibadah, sebagai penghargaan agar mereka semakin rajin beribadah,” terangnya. 

Di hari ketiga pondok Ramadan SMK Farmasi Maharani juga ada kegiatan tausiyah. Penceramah diundang dari luar sekolah untuk memotivasi siswa. “Hari pertama dan kedua juga ada tausiyah. Tapi penceramahnya daru guru PAI kita sendiri dengan materi seputar fikih” tuturnya. 

Di sore nanti sebelum buka puasa, akan ada  kegiatan bagi takjil gratis. Para siswa akan menyebar ke tiga titik lokasi di sekitar sekolah. Mereka akan membagi-bagikan takjil kepada pengguna jalan dan warga sekitar. “Takjilnya anak-anak sendiri yang membuat nanti siang setelah duhur. Mereka membawa bahannya dari rumah,” imbuhnya. 

Marda berharap kegiatan Pondok Ramadan memberikan arti bagi para siswa. Banyak pelajaran yang bisa diambil, terutama yang berkaitan dengan ibadah. 

Di sisi lain, jiwa sosial mereka semakin tumbuh kuat dengan berbagi kepada orang lain. “Semoga anak-anak semakin rajin beribadah dan istiqamah hingga di luar bulan Ramadan. Hafalan Alquranqnya dapat ditingkatkan dan juga semakin suka bersedekah sebagai kewajiban seorang muslim untuk membantu sesama,” pungkasnya. (imm)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI