Perhatikan Empat Hal Ini Sebelum Beli Ponsel Bekas

  • 29-05-2019 / 12:22 WIB
  • Kategori:Techno
Perhatikan Empat Hal Ini Sebelum Beli Ponsel Bekas

MALANGPOSTONLINE.COM –  Tunjangan Hari Raya (THR) yang cair jelang Lebaran menjadi momen tepat untuk ganti ponsel. Jika dana terasa kurang untuk membeli ponsel baru, tak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada ponsel bekas.

Sebelum menjatuhkan pilihan pada ponsel bekas tipe tertentu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan teliti. Pemerhati gawai, Herry SW membagikan lima tips sebelum membeli ponsel bekas.

Pertama, pastikan ponsel yang hendak dibeli masih mengantongi garansi resmi minimal satu bulan. Herry mengatakan garansi menjadi jaminan jika kelak ponsel bermasalah, maka pembeli masih bisa melakukan klaim ke pusat perbaikan resmi.

"Sebenarnya garansi lebih lama lebih baik. Namun, dengan sisa satu bulan saja sebenarnya sudah relatif aman untuk menjaga kalau ada masalah di ponsel," jelas Herry, Selasa (28/5).

Permasalahan yang dimaksud Herry tak lain masalah yang awalnya tak diketahui ketika transaksi jual beli ponsel terjadi. Masalah ponsel bekas disebutnya biasanya baru terasa dalam hitungan hari atau maksimal satu minggu sehingga jika garansi masih aktif maka pembeli tidak perlu risau.

Hal kedua yang harus diperhatikan yakni mencocokkan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) di bodi ponsel dengan di kardus (jika masih ada) dan stiker garansi. 

Ketiga, pastikan Anda sudah memeriksa kondisi fisik dan cobalah fungsi-fungsi dasar ponsel. Misalnya, lakukan panggilan telepon, nada dering, getar, WiFi, Bluetooth, dan kamera.

Langkah keempat, Herry menyarankan calon pembeli untuk mencoba aksesoris bawaan seperti charger dan earphone yang disertakan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi aksesoris masih dalam kondisi baik dan layak pakai. Periksa kondisi kabel aksesoris charger dan earphone.

Herry menyarankan transaksi jual beli ponsel bekas dilakukan dengan bertatap muka (cash on delivery/ COD) ketimbang cara lain. Dengan begitu, pembeli bisa memastikan langsung kondisi dan kelayakan barang yang dibeli.

"Iya (COD) karena sebenarnya beli ponsel bekas secara online lebih susah karena penjual yang memang berniat nakal bisa mengakali sedemikian rupa," ucapnya. (cnn/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : CNN
  • Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

VIDEO