trial_mode: on

Blandong Sonokeling Ditangkap di Dampit

  • 29-05-2019 / 15:24 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Blandong Sonokeling Ditangkap di Dampit Ketiga blandong kayu yang diamankan serta barang bukti kayu jenis sonokeling yang disita.

MALANG - Tiga blandong kayu berhasil diringkus petugas Polsek Dampit, Selasa (28/5) malam. Mereka ditangkap saat beraksi mencuri kayu Sonokeling di Hutan Tanah Turut Dusun Grangsil, Desa Jambangan, Dampit.

Ketiga pelaku pembalakan kayu ini adalah, Muhammad Maulidun Anwar, 22, Didik Sumariono, 32 serta Darnoko, 31. Mereka ini adalah warga Desa Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Barang bukti yang diamankan adalah, satu batang kayu Sonokeling dengan panjang 3,1 meter dengan diameter 43 sentimeter. Satu batang kayu Sonokeling dengan panjang 8,1 meter dan diameter 35 sentimeter. Serta, 10 batang kayu Sonokeling dengan panjang 1 - 3 meter dan berdiameter 30 sentimeter.

"Semua barang bukti tersebut, ditemukan di lokasi penangkapan ketiga tersangka di dalam hutan," ujar Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah.

Penangkapan ketiga pelaku blandong kayu ini, bermula dari laporan pihak Perhutani bahwa di sekitar Hutan Tanah Turut Dusun Grangsil, Desa Jambangan, kerap terjadi pencurian kayu. Atas laporan tersebut, polisi pun langsung menindaklanjuti dengan melakukan patroli.

Ketika sedang patroli, petugas mendapati ketiga tersangka sedang mengangkut kayu hutan, yang sudah ditebang sebelumnya. Lantaran tidak ingin buruannya kabur, polisi langsung menggrebek dan menangkap ketiganya.

Selanjutnya, bersama dengan barang buktinya, petugas menggelandang mereka ke Mapolsek Dampit. Pengakuannya mereka baru sekali mencuri. Kayu hutan tersebut diakui akan dijual kepada seseorang.

Akibat perbuatannya tersebut, ketiganya dijerat pasal 82 ayat 1 huruf b, c Undang-undang RI nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. Ancaman hukumannya penjara di atas tujuh tahun. "Kasusnya masih dikembangkan apakah ada pelaku lain dan TKP pencurian lain," jelasnya.(agp)

  • Editor : Husnun
  • Uploader : irawan
  • Penulis : agp
  • Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI