trial_mode: on

Ramadan Penuh Arti Di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah

  • 29-05-2019 / 15:43 WIB
  • Kategori:Sekolah
Ramadan Penuh Arti Di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Guru-guru SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah memberikan santunan kepada anak yatim dari Panti Asuhan Al-Ikhlas.

MALANG - Bulan Ramadan merupakan Bulan istimewa yang diberikan Allah khusus ummat Nabi Muhammad SAW. Dengan berbagai keistimewaan yang ada dalam Bulan Ramadan, maka hendaknya menjadi motivasi tersendiri bagi setiap orang muslim untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya kepada Allah SWT. 

Terutama di hari-hari terakhir sebelum berakhirnya bulan Ramadan seperti saat ini. Sehingga peningkatan amal ibadah di bulan penuh rahmat dan maghfirah ini 
berarah pada  pembentukan kepribadian. 

Hal itu dijelaskan oleh guru SD Al Irsyad Al Islamiyyah, Nurrida Dhestiana, M.Pd., yang menjadi Ketua Pondok Ramadan 1440 H. Ia mengatakan Pondok Ramadan yang digelar sejak beberapa hari yang lalu tersebut, memberikan imbas yang positif terhadap pembentukan karakter peserta didik baik sacera rohani maupun jasmani. “Caranya dengan melakukan penghayatan terhadap ibadah puasa dan amal-amal ibadah lainnya yang ia dikerjakan selama melaksanakan ibadah di Bulan Ramadan,” jelasnya. 

Maka guru dalam hal ini memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang pentingnya menghidupkan hari-hari dan malam-malam Ramadan dengan kegiatan-kegiatan positif. “Sehingga setiap waktu luang yang ada di Bulan Ramadan dapat diisi kegiatan ibadah dengan lebih memakai dan memperdalam iman dan takwa,” terangnya. 

Dhesti menambahkan, selama kegiatan pondok Ramadan guru memberikan pemahaman yang mendalam kepada para peserta didik tentang ajaran agama. 

Dalam hal ini yang berkaitan dengan berbagai bidang kajian agama. Seperti akidah, syariat dan akhlak. 

Agar materi dapat dimengerti dan dipahami dengan baik maka tidak hanya secara teori tetapi juga praktik. “Anak-anak diberikan ilmu agama dan  membimbing mereka cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya. 

Adapun materi keagamaan yang diberikan kepada siswa selama pondok Ramadan, antara lain tentang puasa, malam Lailatul Qodar dan zakat. 

Di sela materi juga ada pemutaran video edukasi yang berkaitan tentang materi tersebut. 

Di akhir materi ada quiz berhadiah yang harus dijawab oleh perwakilan siswa dari tiap-tiap kelas. “Kami bersyukur anak-anak sangat antusias selama kegiatan,” ucapnya. 

Dan  dihari ketiga pondok Ramadan, SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah mengundang Anak Yatim dari panti Asuhan Al-Ikhlas. “Kami memberikan santunan berupa uang, alat tulis dan bahan pokok lainya. Sebagai pelajaran bagi siswa kami agar gemar berbagai pada orang lain, terutama pada yang kurang mampu atau duafa,” terangnya. (imm)

  • Editor : bua
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI