trial_mode: on

Membahayakan, Polsek Singosari Tangkap Pembuat Petasan

  • 30-05-2019 / 21:07 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Membahayakan, Polsek Singosari Tangkap Pembuat Petasan Tersangka Tosari serta barang bukti petasan yang diamankan.

MALANG - Unit Reskrim Polsek Singosari menangkap Tosari, warga Dusun Kreweh, Desa Gunungrejo, Singosari, Rabu (29/5) dini hari. Pria berusia 84 tahun ini, diringkus karena kedapatan membuat serta menjual petasan.

Dari penangkapannya, petugas berhasil mengamankan beberapa barang bukti. Diantaranya, satu petasan ukuran besar dengan diameter 11 cm dan panjang 20 cm, satu petasan ukuran besar dengan diameter 8 cm dan panjang 20 cm, dua renteng petasan dengan panjang 12 m dan 9 meter, serta beberapa serbuk dan peralatan untuk membuat petasan.

"Tersangka kami tangkap di rumahnya. Barang bukti petasan tersebut, kami temukan di dalam rumahnya," ujar Kanitreskrim Polsek Singosari, Iptu Supriyono.

Penangkapan tersangka Tosari ini, bermula petugas mendapat informasi dari warga bahwa tersangka membuat dan mengedarkan petasan. Selanjutnya informasi tersebut, oleh anggota disampaikan kepada pimpinan.

Lantaran cukup membahayakan dan pembuatan petasan dilarang, akhirnya pimpinan menurunkan surat perintah penangkapan. Begitu surat perintah keluar, anggota Reskrim Polsek Singosari lantas bergerak menggrebek rumah Tosari dan berhasil menangkapnya.

Karena kedapatan barang bukti, tersangka tidak bisa mengelak. Selanjutnya, bersama barang buktinya tersangka digelandang ke Mapolsek Singosari. Tersangka dijerat dengan Undang-undang Darurat nomor 12 tahun 1951 tentang kedapatan, menyimpan dan memiliki benda berbahaya.

"Sebagian petasan sudah banyak yang dijual oleh tersangka kepada orang lain. Kasusnya masih terus kami kembangkan," tutur mantan KBO Satreskrim Polres Malang.

Sementara itu, dalam pemeriksaan tersangka Tosari mengatakan kalau petasan yang diamankan tersebut adalah sisa dari tahun lalu. Dia membuat petasan berdasarkan pesanan dari pembeli.

"Petasan itu sisa tahun lalu. Bahannya dibeli dari toko bangunan," ucap tersangka Tosari di hadapan penyidik. (agp/bua)

  • Editor : bua
  • Penulis : agp
  • Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI