UPDATE NOW
08:44:35        05:56:02        04:17:10        23:17:43        23:15:21        
UPDATE NOW
   UPDATE NOW
08:44:35        05:56:02        04:17:10        23:17:43        23:15:21        

STIKes Panti Waluya Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Dusun Pandansari

  • 31-05-2019 / 08:44 WIB
  • Kategori:Kampus
STIKes Panti Waluya Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Dusun Pandansari KOMPAK: Dosen dan mahasiswa STIKes Panti Waluya bersama warga dan perangkat Desa Pandansari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang.

MALANG - Sebagai intitusi pendidikan tinggi, STIKes Panti Waluya memiliki kewajiban melakukan Tridarma perguruan tinggi seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Program pengabdian kepada masyarakat yang merupakan kewajiban Institusi ini dilakukan di berbagai tempat dengan berbagai sasaran. Salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan STIKes Panti Waluya di dusun Pandansari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dilaksanakan sejak tanggal 6 sampai 30 Mei tahun 2019. Terdapat dua tema kegiatan utama, yaitu kegiatan edukasi masyarakat mengenai reproduksi oleh kelompok 1. Dan pelatihan kebencanaan dan kegawatdaruratan oleh kelompok 2.

Ketua Kelompok 1 Maria Magdalena Setyaningsih, Ns., Sp.Kep. Mat. menjelaskan, kegiatan pertama dengan tema kegiatan paket affection yakni upaya meningkatkan status kesehatan pasangan lansia. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan status kesehatan, khususnya status hubungan pada lansia. “Berdasarkan pengkajian yang juga dilakukan mahasiswa STIKes Panti Waluya menunjukkan bahwa sebagian besar pasangan lansia di dusun Pandansari memiliki permasalahan dengan pasangan,” terangnya. 

Berangkat dari pengkajian tersebut, lanjutnya, maka dilakukan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hubungan suami istri saat usia sudah menginjak lansia. Dosen STIKes Panti Waluya telah menyusun  sebuah kegiatan dalam rangka peningkatkan kualitas hubungan lansia yang disebut dengan paket affection.

Paket affection terdiri dari empat kegaitan utama, pertama berupa diet kasih sayang masa menopaus. Kedua berupa olah gerak yang dapat dilakukan  masa menopaus. Ketiga dengan kontrol emosi. Keempat dengan merajut memori indah antar pasangan. “Paket affection telah diuji dalam penelitian yang juga dilakukan dosen STIKes, dan terbukti  efektif meningkatkan kualitas hubungan pasangan lansia,” jelas Maria yang juga Direktur STIKes Panti Waluya ini. 

Kegiatan kedua adalah pendidikan kebencanaan dan kegawatdaruratan dini yang dengan sasaran siswa TK Raudlatul Athfal Muslimat NU dan Karang Taruna Dusun Pandansari. Kegiatan ini memiliki latar belakang bahwa dusun Pandansari terletak di kaki gunung Semeru, dan memiliki potensi bencana yang sangat tinggi. Diharapkan pengenalan potensi bencana dapat dilakukan oleh masyarakat Pandansari sejak usia dini.

Ketua Kelompok 2, Ns. Oda Debora, M.Kep mengatakan kegiatan kedua pengabdian masyarakat berupa pendidikan kesehatan mengenai pengenalan potensi bencana kepada siswa TK Raudlatul Athfal Muslimat NU. Bentuk edukasi yang diberikan berupa interaksi tanya jawab dan lagu evakuasi saat bencana. “Penggunaan lagu evakuasi merupakan sebuah pendidikan kesehatan yang mudah dihafal dan dapat langsung dilakukan siswa TK saat menghadapi bencana,” katanya. 

Kegiatan lain berupa pendidikan kesehatan mengenai peningkatan kualitas karangtaruna pemuda dusun Pandansari dalam menghadapi keadaan gawat darurat. Bentuk peningkatan kualitas pengetahuan berupa pelatihan pertolongan pertama pasien patah tulang. 

Seluruh kegaitan ini dilakukan oleh dosen STIKes Panti Waluya Malang yang didukung mahasiswa beserta seluruh elemen masyarakat. “Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan akhir berupa peningkatan kualitas hidup dan pengetahuan masyarakat, dengan harapan dapat menyejahtarakan masyarakat secara umum,” tukasnya. (imm)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

GE Way

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

Air Putih Demi Metabolisme

VIDEO