Kunci Meraih Sukses Hormati Orang Tua

  • 31-05-2019 / 13:50 WIB
  • Kategori:Sekolah
Kunci Meraih Sukses Hormati Orang Tua SELAMAT: Kepala SMPK Kolese Santo Yusup 2, Lusia Ari Kriswati, S.Pd mengukuhkan siswa kelas IX sebagai lulusan tahun pelajaran 2018-2019.

MALANG - Kepala SMPK Kolese Santo Yusup 2, Lusia Ari Kriswati, S.Pd dengan suara parau menyampaikan pesan dan nasehat di hadapan 155 siswa kelas IX dalam acara Serah Terima Lulusan, Rabu (19/5) sore. Ia mengingat awal-awal siswa kelas IX saat baru masuk SMPK Kolese Santo Yusup 2. Diantara siswa ada yang masih suka menangis, minder, sering ngantuk dan temperament. 

Namun itu semua, kata Ari, merupakan sebuah proses yang harus dilalui dalam pendidikan. Guru telah berupaya maksimal, untuk menjadi setiap siswanya menjadi generasi yang tangguh dalam iman, terpelajar dan berkarakter. “Ingin rasanya kita terus bersama, tetapi kalian harus melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi,” ucapnya dengan mata berkaca-kaca. 

Dalam acara yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kosayu Blimbing ini Ari meyakinkan para lulusan kelas IX bahwa dengan kesungguhan akan mencapai sukses di masa yang akan datang. “Satu kunci yang harus kamu pegang untuk sukses, hormatilah ibu dan bapakmu,” tegas Ari. 

Selama tiga tahun belajar di SMPK Santo Yusup 2, setiap siswa membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Demikian juga guru tidak henti-hentinya mendidik dan mendokan siswanya. 

Setiap waktu yang dilalui di sekolah menjadi berarti untuk proses pembinaan agar anak didiknya menjadi pribadi yang baik. “Tiga tahun kami mengamati kalian telah berjuang luar biasa. Kebanggaan seorang guru di saat siswanya mengalami perubahan ke hal yang lebih baik,” ungkapnya. 

Demikian juga guru, tidak semata-mata memperjuangkan angka maupun nilai akademik. Tetapi yang guru perjuangkan pertama dan yang utama adalah nilai nilai kasih, taat, kerjasama dan disiplin. “Nilai-nilai inilah yang diperjuangkan oleh guru di sekolah,” . 

Ari juga menghimbau agar lulusan SMPK Santo Yusup 2 tidak meninggalkan kebiasaan baik yang selama ini ditanamkan oleh guru. Seperti pembiasaan literasi. “Teruslah menulis meskipun hal sederhana, rajinlah membaca agar wawasan kalian semakin bertambah,” kata dia. 

Selanjutnya pembiasaan hidup sehat, tersenyum pada orang lain dan pandai berterimakasih, sebagai cerminan pelajar yang berkarakter. “Sopan santun itu prinsip yang harus dipegang seumur hidup,” tandasnya. 

Acara Serah Terima Lulusan juga diwarnai dengan penganugrahan bagi lulusan berprestasi. Antara lain prestasi sebagai peraih rangking di kelas, nilai sempurna UNBK dan nilai tertinggi UNBK.

Nilai tertinggi UNBK SMPK Santo Yusup 2 diraih oleh Lauren Natasha Widhianto Putri sebagai peringkat pertama, Jonathan Edward Suwarno sebagai peringkat kedua dan Christoper Natanael sebagai peringkat ketiga. 

Apresiasi juga diberikan kepada siswa yang berprestasi di bidang non akademik. Seperti olahraga, kepemimpinan dan lain sebagainya. “Selamat untuk kalian yang berprestasi, tingkatkan terus untuk masa-masa yang akan datang,” pungkasnya. (imm)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI