UPDATE NOW
08:44:35        05:56:02        04:17:10        23:17:43        23:15:21        
UPDATE NOW
   UPDATE NOW
08:44:35        05:56:02        04:17:10        23:17:43        23:15:21        

Bosan dengan Opor, Cobalah Ketupat Lebaran dengan Sup Palumara

  • 01-06-2019 / 14:33 WIB
  • Kategori:Kuliner
Bosan dengan Opor, Cobalah Ketupat Lebaran dengan Sup Palumara

MALANGPOSTONLINE.COM - Bosan dengan rendang, opor, atau sayur labu sebagai menu pendamping ketupat saat Lebaran, maka tahun ini cobalah kreasi menu yang berbeda. Masih dalam sajian menu tradisional, jika mampir ke daerah Makassar, Sulawesi Selatan, masyarakat akan menemui resep Sup Palumara.

Sup berbahan dasar ikan itu, rasanya segar asam gurih, bisa juga disantap dengan ketupat atau nasi hangat. Sehingga hidangan saat Lebaran bersama keluarga akan berbeda dan lebih nikmat.

Sous Chef Aston Priority Simatupang Hotel and Conference Center Agus Setiawan memberikan resepnya untuk para ibu di rumah. Bahan baku utamanya adalah ikan kakap merah, dengan kandungan protein yang tinggi.

“Resep sup Palumara ini mirip dengan sup ikan bumbu kuning kalau masakan Betawi. Akan gtetapi bedanya, rasanya lebih khas yaitu asam gurih. Kuahnya cocok dihidangkan dengan nasi hangat atau ketupat Lebaran, sesuai selera,” ungkap Chef Agus kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Rahasia bumbu kuah asam ternyata ada di perasan air jeruk nipis pada sup tersebut. Berbagai rempah seperti daun kemangi juga menambah rasa segar pada sup tersebut.

“Kami tak pakai asam Jawa, kuah asamnya dari jeruk nipis. Lalu bumbu kuningnya dari kunyit,” jelas Chef Agus.

Bahan-bahan:
1/2 kg ikan kakap merah, potong
1-2 buah jeruk nipis
1 ruas jahe
2 buah serai
2 lembar daun jeruk
2 buah tomat
5 buah cabai rawit merah
Daun kemangi
Gula dan garam secukupnya
Air

Bumbu halus:
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 7 siung
Kunyit 2 ruas

Cara Membuat :
Cuci bersih ikan dan lumuri dengan jeruk nipis serta jahe. Tumis bumbu halus hingga harum masukkan serai,daun jeruk dan jahe. Tumis hingga matang dan sisihkan. Masukkan air secukupnya hingga mendidih kemudian masukkan ikan kakap. Masak hingga mendidih sambil menambahkan gula dan garam. Masukkan cabai, tomat, dan air perasan jeruk nipis. Masak hingga bumbu meresap dan ikan matang lalu masukkan daun kemangi. Sajikan.

Kandungan Nutrisi Ikan Kakap Merah

Dilansir dari Live Strong, Sabtu (1/6), jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, kakap merah meningkatkan asupan nutrisi dan berkontribusi pada diet seimbang. Setiap 6-ons penyajian kakap merah meningkatkan asupan kalori sebesar 170 kalori atau 9 persen dari asupan harian. Seperti protein hewani lainnya, kakap merah mengandung semua sembilan asam amino yang perlu dikonsumsi sebagai bagian dari makanan dan menjadikannya protein lengkap.

Kakap merah hadir penuh dengan vitamin esensial, terutama vitamin D dan E. Kandungan vitamin D kakap merah membuat tulang kuat, karena membantu tubuh menyerap dan menggunakan kalsium pembangun tulang dengan baik. Vitamin E mendukung pertumbuhan sel darah merah yang sehat.

Tambahkan kakap merah ke dalam makanan sebagai sumber magnesium dan selenium, dua mineral penting. Seperti halnya vitamin E, selenium melindungi jaringan Anda dari kerusakan karena perannya sebagai antioksidan. Magnesium dalam kakap merah membantu tubuh menghasilkan energi dan mempertahankan gigi dan tulang yang kuat. Kakap merah berfungsi sebagai sumber asam lemak omega-3 yang baik. (jpc/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : JPC
  • Fotografer : JPC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

GE Way

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

Air Putih Demi Metabolisme

VIDEO