Gabung Timnas U-23, Gelandang Arema Beradaptasi Sebagai Striker

  • 01-06-2019 / 23:47 WIB
  • Kategori:Arema
Gabung Timnas U-23, Gelandang Arema Beradaptasi Sebagai Striker

MALANG – Gelandang Arema FC Muhammad Rafli menjadi salah satu pemain Arema FC yang tergabung dalam pemusatan latihan Timnas U-23 di Jogjakarta. 

Dia bersama gelandang Hanif Sjahbandi merupakan skuad Singo Edan yang dipersiapkan oleh Indra Sjafri untuk mengikuti Merlion Cup di Singapura.

Namun, dia tidak lagi diplot sebagai gelandang, melainkan sebagai striker.
Ketika daftar pemain dirilis, nama Rafli berada di bagian striker. 

Bersama Rafli Mursalim dan Septian Bagaskara, tiga pemain ini dipersiapkan, ketika Indra Sjafri tak memanggil Egy Maulana Vikri atau Ezra Walian.

Posisi tersebut jelas berbeda dengan yang diperankannya selama dua tahun terakhir. Sejak bergabung bersama Arema, pemain asal Bekasi itu telah berubah posisi sebagai gelandang. 

Begitu pula awal tahun ini, ketika dipanggil Timnas U-22, Rafli juga diplot sebagai gelandang. Namun, kini dia dipastikan harus beradaptasi dengan posisi baru tapi lama.

Sebab, sebelum sebagai seorang gelandang, dia merupakan striker, termasuk ketika bermain bersama tim U-19 di tahun 2016 lalu.

"Dalam latihan, saya sekarang main sebagai striker di timnas U-23. Saya jalani saja. Tapi, masih butuh adaptasi lagi," kata Rafli.

Bersaing di posisi striker, lebih memperbesar peluang dari Rafli untuk bermain, ketimbang sebagai gelandang. Pasalnya, di Timnas U-23 kini bercokol banyak pemain di posisi tersebut, yang membuatnya tak diboyong ke Piala AFF U-22 beberapa waktu lalu.

Selain terdapat Hanif, juga ada nama Lutfi Kamal Baharsyah (Mitra Kukar), Sani Rizky Fauzi (Bhayangkara FC), Gian Zola (Persib), M. Alwi (Persebaya) hingga nama baru Hambali Tholib yang moncer di awal tahun ini.

Rafli sendiri mengakui tidak mempermasalahkan posisi barunya tersebut. Ia menegaskan hanya perlu membiasakan diri saja secara positioning.

"Dulu saya memang striker. Tapi sejak di Arema, jadi gelandang. Seperti saya sampaikan tadi, karena sudah lama tidak jadi penyerang, harus ada penyesuaian," kata pemain 20 tahun ini.

Di posisi anyar ini, Rafli bersaing dengan dua pemain klub Liga 2, Septian Bagaskara (Persik Kediri) dan Rafli Mursalim (Mitra Kukar). 

Rafli termasuk sosok pemain dengan tinggi ideal untuk menjadi striker dan memiliki body balance yang bagus. Selain itu, Rafli juga cenderung memiliki gaya permainan stylish dan kuat ketika membawa bola. (ley/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : ley
  • Fotografer : ley

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

Air Putih Demi Metabolisme

VIDEO