UPDATE NOW
UPDATE NOW
   UPDATE NOW

Kepadatan Mudik di Kota Malang Akibatkan Kelelahan Hingga Luka Ringan

  • 08-06-2019 / 18:28 WIB
  • Kategori:Malang
Kepadatan Mudik di Kota Malang Akibatkan Kelelahan Hingga Luka Ringan Kepadatan arus mudik sejak sebelum lebaran hingga hari ini menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pemudik

MALANG- Padatnya warga yang datang juga keluar dari Kota Malang di masa arus mudik hingga balik mengakibatkan pemudik kelelahan hingga luka ringan. Pasalnya tidak sedikit pemudik yang terbiasa dengan padatnya arus aktivitas manusia di masa masa libur lebaran. 

Relawan PMI Pospam Stasiun Kotabaru Malang Jalu menjelaskan sejak dirinya bertugas sebagai petugas medis pospam di tanggal 29 Mei lalu hingga hari ini masalah medis yang ditanganinya didominasi gangguan kesehatan akibat kelelahan.

Sekitar 10 warga pemudik yang ditangani tim relawan PMI Kota Malang yang kebanyakan mengalami gejala tubuh kelelahan.

"Biasanya banyak panggilan datang saat kereta turun. Ini banyak yang datang kesini mengaku pusing, mual hingga lemas," jelas Jalu beberapa saat lalu.

Kebanyakan pasien mereka adalah kaum hawa yakni ibu-ibu. Baik paruh baya ataupun yang masih dalam usia aktif bekerja. 

Dijelaskan Jalu, jika mendapatkan pemudik yang kelelahan tersebut, pasien akan diistirahatkan kuramg lebih 1 jam lamanya. Sambil dilakukan pula uji tingkat kesadaran, tensi darah dan tes standar lainnya.

"Ya alhamdulillah ga ada yang sampai pingsan atau tidak sadarkan diri. Kebanyakan pusing, lalu kami istirahatkan diberi teh tidak lama sudah bisa pulih lagi," jelasnya.

Kebanyakan pasien ini juga berasal dari luar kota. Karena banyak mengakui mereka tidak biasa duduk berlama lama, utamanya di kereta. Maka lumrah jika, kondisi tubuh kaget seperti itu.

Meski begitu tidak hanya kelelahan saja yang sempat menjadi gangguan medis pemudik yang ditangani relawan PMI disini. Sebanyak 2 hingga 3 pasien juga ada yang mengalami luka ringan.

"Ada luka ringan juga yang kami tangani. Ini terjadi kepada anak anak kecil," jelas Jalu.

Ia mengatakan luka ringan yang dialami anak kecil bukanlah karena adanya kecelakaan ataupun kejadian yang mengkhawatirkan. Akan tetapi dikarenakan luka lecet.

Anak anak yang mengalami luka ringan ini mengalami lecet di kaki. Akibat perjalanan jauh saat menaiki kendaraan mudiknya. Ada pula yang saat berjalan terjatuh tidak sengaja akibat padatnya lalu lintas manusia di jalan maupun di transportasi publik lainnya.

"Tidak ada penanganan medis serius yang kita lakukan. Alhamdulilah semua bisa ditangani cepat," pungkas pria ramah ini. (ica)

  • Editor : van
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ica
  • Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

GE Way

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

Air Putih Demi Metabolisme

VIDEO