UPDATE NOW
UPDATE NOW
   UPDATE NOW

Ada Dua Kasus Pemudik Trauma, Dinkes Sarankan Ini

  • 08-06-2019 / 18:31 WIB
  • Kategori:Malang
Ada Dua Kasus Pemudik Trauma, Dinkes Sarankan Ini Ilustrasi pemudik

MALANG - Tidak hanya kelelahan dan luka ringan. Ternyata trauma juga dialami pemudi saat Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Supranoto menjelaskanm selama libur lebaran ini ada dua laporan warga trauma. Mereka ditangani petugas Dinkes yang berjaga di posko-posko pengamanan yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Malang. 

"Ada dua kasus trauma," ungkapnya.

Ia menjelaskan trauma yang dimaksud adalah trauma psikis dan fisik yang dapat dialami seseorang usai mengalami kecelakaan lalu lintas.

Pranoto menyampaikan dua kasus trauma ini memang dikarenakan kecelakaan lalu lintas. Laporan ini terjadi di dua Pospam yang berada di kawasan padat kendaraan atau padat lalu lintas salah satunya di kawasan menuju Arjosari.

Meski begitu ia mengatakan trauma yang dialami pemudik hanyalah trauma yang tidak mengkhawatirkan. Karena diakibatkan kendaraan yang oleng dan jatuh sehingga membuat badan pengendara sontak tegang kemudian sakit di beberapa bagian tubuh.

"Bisa ditangani. Dan tidak sampai parah. Selain itu tidak ada laporan gangguan kesehatan lainnya yang mengkhawatirkan," tegasnya.

Meski tidak berakibat fatal, kelelahan menjadi hal utama memicu konsentrasi pengendara berkurang. Sehingga saat berkendara tidak fokus. Maka terjadi kecelakaan.

Oleh sebab itu Ia menyarankan untuk melakukan peregangan setiap 4 jam sekali disela mengemudi.

“Terlalu banyak duduk berpotensi memperlambat peleburan glukosa untuk tubuh sehingga tubuh akan cepat merasakan letih,” papar Soepranoto.

Ia menambahkan terlalu banyak duduk juga memperlambat aliran darah melaju ke otak sehingga berpotensi pengurangan daya fokus pada sekitar. 

Maka ia mengimbau pula bagi pemudik untuk tidak buru-buru. Dan ingat istirahat sejenak ketika sudah capai, bukan memaksakan diri. (ica)

  • Editor : Husnun
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ica
  • Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

GE Way

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

Air Putih Demi Metabolisme

VIDEO