Komodo Jadi Penghuni Baru Batu Secret Zoo

  • 09-06-2019 / 15:30 WIB
  • Kategori:Batu
Komodo Jadi Penghuni Baru Batu Secret Zoo Baru : Komodo Dragon yang di datangkan dari Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi buruan foto wisatawan di Batu Secret Zoo, Minggu (9/6) siang.

BATU - Batu Secret Zoo yang berada di Jatim Park 2 kembali mendatangkan penghuni baru. Yakni dua pejantan Komodo Dragon yang di datangkan dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hewan endemik ini adalah hasil penyerahan masyarakat ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur yang kemudian dititipkan di Lembaga Konservasi Jawa Timur Park.

Hewan langka ini menjadi primadona baru di Batu Secret Zoo. Hal itu nampak dengan banyaknya pengunjung yang ingin melihat tingkah laku kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjang 2-3 meter dan beratnya bisa mencapai 100 kg.

Kartikasari (25), pengunjung asal Bandung mengatakan kekaguman dengan binatang karnivora ini. Pasalnya ia tak perlu datang jauh-jauh ke NTT untuk melihat binatang yang mampu hidup hingga 50 tahun ini. 

"Kenisi (exibit komodo.red) ingin melihat perilaku komodo dari dekat. Kami tak perlu jauh-jauh ke NTT untuk melihat hewan yang rentan punah ini," ujar Tika kepada Malangpostonline.com Minggu (9/6) siang.

Sementara itu, Kepala Dokter Hewan Batu Secret Zoo, dr. Prista Dwi Restanti menyampaikan, sebelum mendatangkan kadal raksasa ini. Pihaknya telah mempersiapkan semuanya. 

Mulai dari kandang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan seperti habitat aslinya dengan ukuran 120 x 50 M2. Dengan kandang dibagi menjadi dua bagian. Yakni kandang display dan kandang kontrol.

Begitu juga dengan suhu. Diungkap Prista, Komodo hidup di suhu sekitar 35 derajat. Sehingga kandang dilengkapi dengan lampu pengatur suhu. Mengingat di Kota Batu suhu maksimal 25-30 derajat. 

"Dengan begitu, dua komodo yang berusia lima tahun, memiliki berat skitar 10 Kg dengan panjang sekitar satu meter ini hidup layaknya di habitat alaminya," imbuh Prista. 

Di area New Reptile Garden yang sangat representatif ini, pengunjung juga bisa melihat bagaimana komodo menyantap makanannya. Setiap minggunya keeper akan memberi makan 3-4 marmut untuk satu komodo. 

Tak hanya untuk edukasi kepada pengunjung. Batu Secret Zoo rencananya akan melakukan pengembangbiakan bekerjasama dengan kebun binatang lain. 

"Karena komodo yang ada saat ini pejantan semua, kami akan kerjasama dengan kebun binatang lainnya untuk breeding. Sehingga reptil raksasa ini tetap terjaga dari kepunahan," tuturnya. 

Selain komodo, di tempat yang sama juga ada burung beo dan anis kembang yang merupakan burung asli Pulau Komodo. Di new reptile garden wisatawan juga bisa melihat berbagai jenis reptile baru seperti ular blue viper insulrais dan gecko hijau dari Madagaskar. 

Disisi lain, dengan adanya pendatang baru selama libur lebaran. Tercatat rata-rata per hari kunjungan wisatawan di Batu Secret Zoo JTP 2 mencapai 5000 pengunjung. Dengan harga tiket Rp 120 ribu berlaku selama weekend dan liburan ini. Sedangkan untuk weekday mendapat potongan 30 persen. (eri)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : eri
  • Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI