Meski Puncak Arus Balik, Stasiun Kotabaru Tidak Padat

  • 09-06-2019 / 16:59 WIB
  • Kategori:Malang
Meski Puncak Arus Balik, Stasiun Kotabaru Tidak Padat Suasana tidak terlalu padat di masa puncak arus balik di Stasiun Kotabaru sore ini.

MALANG- Meski menjadi hari puncak arus balik, suasana kepadatan pemudik tidak begitu terlihat sesak di Stasiun Kotabaru Malang. Wakil Kepala Stasiun Kotabaru Malang Fathkul Burhanudin menjelaskan, banyak penumpang yang naik di stasiun lain.

Namun masih dalam satu rangkaian perjalanan sesuai tiket. Hal itu menyebabkan kalau jumlah penumpang tidak menumpuk di Stasiun Malang.

"Jadi misal ada yang naik dari Stasiun Kepanjen atau mana. Kalau sejauh ini kondisiya seperti hari-hari biasa," kata Burhanudin beberapa saat lalu.

Ia pun mengaku sempat sempat heran dengan kondisi Stasiun Malang yang tidak begitu ramai di hari yang diprediksi sebagai puncak arus balik.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Burhanudin, jumlah penumpang naik di Stasiun Malang pada 9 Juni 2019 sebanyak 5.968. Rinciannya, kereta eksekutif sebanyak 1.231, bisnis 47, ekonomi 3.025 dan lokal 1.665.

Sedangkan penumpang turun mencapai 6.566. Rinciannya, eksekutif 1.585, bisnis 74, ekonomi 3.159 dan lokal 1.748. Jumlah ini sedikit berbeda dengan yang dimiliki PT KAI Daop 8 karena banyak pula penumpang yang membeli tiket on the spot.

"Secara kumulatif penumpang yang naik dari stasiun ini adalah 84.882. Sementara yang turun 76.526. pada 2018 jumlah kumulatif adalah 72.878," imbuh Burhanudin.

Burhanudin menambahkan, biasanya menjelang sore penumpang mulai banyak berdatangan. Pasalnya, banyak kereta yang berangkat sore. Penumpang sebagian besar berangkat menuju Jakarta. Sisanya adalah perjalanan lokal. Perbandingannya dengan yang lokal adalah 70:30.

Sementara penumpang yang turun di Kota Malang tidak hanya didominasi oleh pemudik. Melainkan juga wisatawan. "Namun jumlah pemudik yang ke Malang lebih banyak. Ya kan karena ini memang musimnya," tandasnya.

Salah satu wisatawan, Aniek, berasal dari Yogyakarta mengatakan sudah berada di Kota Malang selama empat hari. Aniek bersama dua orang putrinya berlibur ke Kota Batu.

"Saya berlibur ke sini bersama dua anak saya. Ya ingin lihat-lihat tempat wisata di Batu," katanya.

Ia memutuskan berlibur ke Batu saat liburan Lebaran. Menurutnya, liburan bersamaan dengan momentum mudik tidak menjadi masalah.

Sementara itu menurut pantauan lapangan, hinggal pukul 16.00 WIB ini, situasi kepadatan penumpang di Stasiun Malang tidak terlihat signifikan. Sejumlah kursi di dalam kereta juga masih longgar. Tidak terjadi penumpukkan antran di loket maupun pintu masuk. (Ica)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ica
  • Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

Air Putih Demi Metabolisme

VIDEO