Urai Macet Jalur Blitar, Buat Rekayasa Lalin di Talangagung

  • 09-06-2019 / 20:26 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Urai Macet Jalur Blitar, Buat Rekayasa Lalin di Talangagung Petugas Satlantas Polres Malang, mengatur arus lalu lintas di simpang empat Talangagung, Kepanjen.

MALANG - Satlantas Polres Malang, harus memberlakukan rekayasa lalu lintas di simpang empat Talangagung, Kepanjen. Pemberlakuan rekayasa lalin sejak H+1 lebaran ini, untuk mengurai kepadatan kendaraan. Baik dari arah Malang - Blitar ataupun Blitar - Malang.

"Rekayasa arus lalu lintas ini sejak H+1 lalu sampai hari ini (Minggu, red) karena puncaknya arus balik. Sedangkan besok (Senin, red) kemungkinan sudah mulai normal, karena pelayanan seperti Samsat sudah buka kembali," terang Aiptu Mashuri, anggota Satlantas Polres Malang usai mengatur arus lalin.

Rekayasa lalu lintas di simpang empat Talangagung Kepanjen ini, dibuat dengan sistem satu jalur. Semua kendaraan dari arah Malang menuju Blitar, baik yang melintas dari Kota Kepanjen ataupun Jalinbar di arahkan masuk ke dalam Terminal Talangagung.

Kendaraan akan keluar dari simpang empat Talangagung, kemudian belok kiri menuju ke selatan. Sedangkan kendaraan dari arah Blitar menuju Malang, dari simpang empat Talangagung bisa lurus ke arah Kota Kepanjen, ataupun belok kiri melewati Jalinbar Kepanjen.

"Rekayasa lalu lintas ini diberlakukan setiap tahun. Kalau tidak dilakukan rekayasa, kendaraan bisa macet panjang karena meningkatnya volume kendaraan," jelasnya.

Berdasarkan pantauan, arus lalu lintas dari arah Blitar ke Malang dan sebaliknya cukup ramai dan padat. Pada H+1 dan H+2 lalu, kendaraan yang menuju ke Blitar cukup padat. Terutama pada pagi sampai sore hari. Sedangkan kendaraan dari Blitar ke Malang, baru terlihat padat sore harinya.

Kemudian pada H+3 sampai Minggu (9/6) jumlah kendaraan dari Blitar menuju Malang, terlihat cukup banyak. Namun kondisi arus lalin masih lancar. Begitu juga di area Kota Kepanjen, arus lalu lintas justru terlihat lenggang dan lancar.

Hanya di Jalan Raya Karangpandan Pakisaji mulai depan SPBU Pepen sampai simpang tiga Bendo, kendaraan yang menuju Malang terlihat padat. Harus berjalan merayap. Namun selepas pertigaan Bendo, arus lalin kembali lancar.

Termasuk jalur lalu lintas menuju wisata pantai Malang Selatan, terlihat cukup lancar. Kepadatan arus lalin terpantau hanya terjadi di simpang tiga Krebet dan simpang tiga Gondanglegi. Setelah melintas persimpangan, arus lalu lintas kembali normal dan lancar.

"Dibandingkan dengan sehari sebelumnya (Sabtu, red) arus lalu lintas jauh berbeda. Pada hari Sabtu, arus kendaraan dari simpang tiga Krebet sampai Gadang macet. Hari ini (Minggu, red) arus lalin menuju wisata lancar. Kami rombongan berangkat dari rumah pukul 08.00 ke Pantai Balekambang, tidak ada titik kemacetan," papar Warsono, warga Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji.(agp)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU