UPDATE NOW
UPDATE NOW
   UPDATE NOW

17 Perguruan Tinggi Kedinasan Pameran di SMAN Taruna Nala

  • 10-06-2019 / 13:10 WIB
  • Kategori:Sekolah
17 Perguruan Tinggi Kedinasan Pameran di SMAN Taruna Nala

MALANG – 17 perguruan tinggi kedinasan (PTK) menggelar pameran pendidikan di SMA Negeri Taruna Nala (Smantar Nala)  Jawa Timur di Malang, Senin (6/6/19). Pameran itu disambut antusias para siswa dan orang tua siswa. PTK dari berbagai kementrian itu menampilkan stand khusus untuk memberi informasi mengenai perguruan tinggi tersebut. Sebelumnya, masing-masing perwakilan PTK menyampaikan presentasi di aula sekolah.

Acara yang digelar oleh Komite Sekolah Smantar Nala itu dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada para siswa dan orang tua siswa mengenai peluang untuk melanjutkan kuliah di PTK yang berada di bawah kementerian. Ketua Komite Smantar Nala, Husnun N Djurad menjelaskan, pameran ini sangat penting untuk memberi informasi bagi kedua belah pihak.

Bagi siswa dan orang tua, momen ini sangat penting bagi mereka untuk mengetahui berbagai peluang untuk kuliah di PTK. Selama ini, ada kesan lulusan Smantar Nala bisa melanjutkan kuliah di Akademi Militer dan perguruan tinggi yang lain. Padahal, banyak PTK yang memberi kesempatan kepada para lulusan Smantar Nala untuk bisa masuk. ‘’Selama ini ada kesan lulusan Smantar Nala bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan militer dan PT yang lain,’’ ujar Husnun.

Dia berterima kasih kepada peserta pameran yang akan memberi wawasan lebih luas kepada lulusan Smantar. Selain itu, para lulusan juga mendapat pilihan yang lebih banyak. Apalagi diantara PTK itu membuka pendidikan ikatan dinas kepada para mahasiswa. ‘’Artinya, mereka akan direkrut sebagai CPNS begitu lulus dari PTK tersebut,’’ tambahnya.

Hal senada disampaikan Wakil DIrektur I Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ), Edi Purwanto, ATD, MT. Pihaknya memberi kesempatan kepada para alumni Smantar Nala untu melanjutkan kuliah di PTK milik Kementrian Perhubungan yang berada di Tegal Jateng tersebut. Saat ini PKTJ memiliki tiga program studi , Manajemen Transportasi Keselamatan Jalan (D-IV), Teknik Keselamatan Otomotif (D-III) dan Pengujuan Kendaraan Bermotor (D-III).

Setiap tahun PTK tersebut menerima calon mahasiswa baru untuk ikatan dinas dan reguler. Jumlah yang diterima untuk ikatan dinas lebih banyak, 180 orang dibanding 60 orang untuk jalur reguler. ‘’Begitu lulus mereka jadi CPNS di beberapa instansi pemerintah, terutama Dinas Perhubungan,’’ paparnya.

Selain itu, PTK Kementrian Perhubungan itu juga menyediakan bea siswa bagi mahasiswa berprestasi. Bea siswa berasal dari pemerintah dan CSR (Corporate Social Responsibility) dari berbagai perusahaan yang menjalin mitra dengan PKTJ. ‘’Saat ini sebagian besar alumni kami bekerja sebagai ASN teruatam di Dinas Perhubungan. Juga ada di BUMN dan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang logistic,’’ ungkapnya.

PTK yang mengikuti pameran itu adalah PKTJ Tegal, Polbangtan Malang, Poltekpel Surabaya,STP Jakarta, STKS Bandung, STIS Jakarta, Poltekbang Surabaya, STTD Tangerang, PKN STAN Jakarta, API Madiun, STPI Curug,  Poltekim Jakarta, STPN Yogyakarta, STMKG Bandung,  STSN Bogor, STEM Aka Migas Cepu dan IPDN Jatinangor. (nun)

  • Editor : Husnun
  • Uploader : irawan
  • Penulis : husnun
  • Fotografer : husnun

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

GE Way

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

Air Putih Demi Metabolisme

VIDEO