Fasilitasi Orang Tua, Smantar Nala Gelar Expo PTK

  • 10-06-2019 / 15:13 WIB
  • Kategori:Sekolah
Fasilitasi Orang Tua, Smantar Nala Gelar Expo PTK ANTUSIAS: Siswa dan orang tua tampak semangat mengunjungi stan perguruan tinggi kedinasan dalam acara expo yang digelar SMAN Taruna Nala.

MALANG - SMAN Taruna Nala menggelar expo perguruan tinggi kedinasan.  Senin (10/6) belasan stan perguruan tinggi ikatan dinas terlihat diserbu oleh ratusan siswa. Para siswa yang didampingi orang tua ini, tampak antusias bertanya tentang informasi kampus terkait.  Selain siswa SMAN Taruna Nala, expo ini juga dihadiri oleh siswa-siswi perwakilan dari SMA Negeri Kota Malang.

Satu per satu stan yang ditempatkan di halaman depan masjid sekolah ini didatangi siswa. Mahasiswa yang bertugas di stan pun terlihat bersemangat membagikan brosur dan menjawab pertanyaan dari pengunjung.  Sebelumnya para mahasiswa delegasi dari perguruan tinggi masing-masing ini melakukan presentasi di hadapan siswa dan orang tua.  

Elis Liviana, salah satu orang tua siswa merasa bersyukur SMAN Taruna Nala menggelar expo tersebut. Ia termasuk orang tua yang berkeinginan untuk mengantarkan anaknya ke kampus ikatan dinas. “Acara ini bagus sekali. Bisa memberikan banyak informasi pada kami dan membuat anak-anak bisa menentukan pilihan jauh sebelum mereka lulus.  Sehingga mereka bisa fokus pada pilihannya,” ungkap orang tua dari Renade Shafa ini.  

Expo perguruan tinggi kedinasan tersebut merupakan gagasan dan inisiatif dari komite dan orang tua siswa SMAN taruna Nala. Sebab kebanyakan orang tua siswa menginginkan anak-anak mereka melanjutkan ke pendidikan yang sesuai dengan karakter Taruna Nala.  

Diantaranya kampus-kampus yang berikatan dinas.  Hal tersebut dijelaskan oleh Waka Humas SMAN Taruna Nala 
Djoeni Hendarti, S. Pd kepada Malangpostonline.com. “Orang tua mempunyai keinginan besar agar anak-anak mereka yang sekolah disini bisa melanjutkan ke perguruan tinggi yang menjaga kesamaptaan dan kesehatan mahasiswanya,” terangnya.  

Djoeni menuturkan, siswa yang akan beranjak ke kelas 12 tahun ini merupakan siswa murni hasil rekrutmen SMAN taruna Nala. Sementara tahun-tahun sebelumnya merupakan mutasi dari SMAN 10 malang.  

Oleh karena itu, sekolah bersama komite merasa perlu mengadakan expo kampus kedinasan yang sesuai dengan produk pendidikan SMAN Taruna Nala.  Seperti yang hadir dalam acara expo pertama ini. Antara lain Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan,  Sekolah Tinggi Transportasi Darat,  Politeknik Keuangan Negara,  Institut Pemerintahan Dalam Negeri,  Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika,  Sekolah Tinggi Sandi Negera, dan lain sebagainya.  

Di sisi lain orang tua siswa merasa perlu mendapatkan banyak informasi dari kampus-kampus terkait untuk pendidikan anak-anak mereka di jenjang perguruan tinggi. “Orang tua banyak yang menginkan anaknya bisa diterima di angkatan  dan kedinasan. Maka kami fasilitasi dengan acara expo ini untuk menambah wawasan mereka,” tuturnya.  

SMAN Taruna Nala juga mempunyai program lain sebagai pengenalan siswa terhadap dunia kampus. Program ini dinamakan PTN Tour. Biasanya dilaksanakan antara bulan November dan Desember. “Di program ini kami mengajak siswa berkunjung ke PTN ternama yang ada di Jawa Timur hingga Jawa Tengah.  Seperti ITS, UNEJ sampai UGM,” terangnya.  (imm)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU