Sangat Curam, Jalur Klemuk Akan Dipasang Crush Bumper

  • 11-06-2019 / 15:35 WIB
  • Kategori:Batu
Sangat Curam, Jalur Klemuk Akan Dipasang Crush Bumper CURAM: Jalan Rajakwesi atau jalur alternatif Klemuk yang curam sebabkan kendaraan mengalami rem blong hingga kecelakaan fatal akan dipasang crush bumper.

BATU - Sepanjang arus mudik dalam libur lebaran 2019 Kota Batu berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas. Namun  ada satu laka lantas di jalur alternatif  Pujon - Batu melalui Klemuk atau Jalan Rajekwesi Songgoriti, Kelurahan Songgokerto. Satu korban meninggal akibat rem blong pada tanggal 8 Juni 2019.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu segera melakukan pembangunan jebakan pasir di jalur ini. Itu ditegaskan oleh Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Batu, Hariadi.

"Pembangunan jebakan pasir sebenarnya sudah direncakan. Namun saat ini masih dalam pembahasan dengan Bina Marga sebagai leading sektor," ujar Hariadi kepada Malangpostonline.com Selasa (11/6) siang.

Selain pembangunan jebakan pasir Dishub juga berencana memberlakukan jalur satu arah  dari arah Pujon - Batu. Serta penambahan rambu larangan agar kendaraan besar tak boleh melewati jalur alternatif Klemuk.

Sementara itu, Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat menambahkan, sudah ada wacana untuk membangun crush bumper atau jebakan pasir sejak tahun 2018. Namun sampai saat ini belum terealisasi. 

Meski begitu, lanjut Alfi, pihaknya siap sedia untuk memasang jembatan pasir untuk menghindari kecelakaan rem blong karena jalur yang menurun tajam. "Kami siap jika mendapat tugas pembangunan crush bumper atau jebakan pasir. Tapi harus melalui koordinasi dengan Dishub dan Forum Lalu Lintas terlebih dahulu," imbuhnya.

Jika memang setelah pembahasan ada rekomendasi untuk membangun jebakan pasir. ia menegaskan Bina Marga akan mengupayakan program tersebut masuk usulan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2019. 

Lebih lanjut ia menjelaskan sebelum membangun crush bumber. Pihaknya akan melakukan penataan tebing terlebih dahulu tahun ini. Kemudian baru dibangun crush bumper.

"Tak hanya crush bumper yang akan dipasang di jalur kiri dari arah Barat atau Pujon. Kami juga akan memasang guad rail pada sisi sebelah kanan disepanjang Jalan Rajekwesi dengan panjang sekitar 1800 meter," imbuhnya.

Perlu diketahui, Dishub dan Polres Batu telah menghimbau dan mendirika rambu larangan untuk kendaraan besar lewat jalur alternatif Klemuk khusus untuk bus, truk, dan elf. Mengingat sering terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar di jalur tersebut. (eri/nun)

  • Editor : Husnun
  • Uploader : irawan
  • Penulis : eri
  • Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

Air Putih Demi Metabolisme

VIDEO