Pemprov Bantu Kapal Ambulan Laut untuk RS Probolinggo

  • 12-06-2019 / 12:32 WIB
  • Kategori:Nasional
Pemprov Bantu Kapal Ambulan Laut untuk RS Probolinggo TAMBAH FASILITAS: Walikota Hadi Zainal Abidin melaporkan rencana pembangunan RS di kotanya kepada Gubernur Khofifah di Gedung Grahadi, Surabaya. (HARY SANTOSO/MPOnline)

SURABAYA – Pemprov Jatim akan membantu pengadaan kapal penumpang untuk RS Kota Probolinggo. Kapal ini akan difungsikan menjadi ambulan laut sebagai penunjang operasional RS Probolinggo.

‘’Pembangunan RS Kota Probolinggo sangat penting. Makanya, kita akan dukung penuh,’’ kata Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim saat menerima kunjungan Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Disebutkan dia, kapal ambulan bantuan Pemprov Jatim itu sekarang tengah dicarikan format pengelolaannya. Diantaranya model kerjasama operasional (KSO) antara pusat, provinsi dan Kota Probolinggo.

Dalam KSO itu, lanjut dia, sekaligus mencakup alat kesehatan yang digunakan, tenaga medik dan paramedik, serta biaya operasionalnya. Dan sampai sekarang, Pemprov Jatim masih hitung-hitungan dengan Kemenkes.

‘’Rencana penggunaan kapal dan yang dilayari mana saja, juga harus dikordinasikan dengan baik,’’ paparnya dengan menyebut kapal ambulan itu akan sampai 2 bulan lagi di Jatim.

Untuk mempercepat proses, Khofifah minta Kota Probolinggo segera mengirim surat dengan melampirkan proposal pengajuan yang telah diberikan ke Bappenas maupun Presiden.

‘’Saya  tunggu suratnya agar segera ditindaklanjuti. Apalagi, untuk rumah sakit Pemprov lebih dulu fokus di Madura,’’ pungkas Khofifah.

Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin mengatakan, RS Tipe B di Kota Probolinggo merupakan satu-satunya di kawasan Probolinggo dan sekitarnya. Saat ini kapasitas di RS Kota Probolinggo sudah sangat penuh, bahkan banyak pasien yang tidak mendapat kamar.

“Kami berharap ibu gubernur bisa mendorong Bappenas mempercepat proses pembangunan RS ini,’’ katanya dengan menyebut pihaknya telah menyiapkan lahan sekitar 4 hektar untuk pembangunan RS Probolinggo. (has)

 

  • Editor : has
  • Uploader : Hary Santoso
  • Penulis : Hary Santoso
  • Fotografer : Hary Santoso

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

Air Putih Demi Metabolisme

VIDEO