UPDATE NOW
UPDATE NOW
   UPDATE NOW

5 Makanan Ini Terpilih Jadi Kuliner Khas Indonesia

  • 12-06-2019 / 12:57 WIB
  • Kategori:Kuliner
5 Makanan Ini Terpilih Jadi Kuliner Khas Indonesia

MALANGPOSTONLINE.COM - Indonesia kaya dengan budaya yang terdiri dari 34 provinsi. Masing-masing daerah memiliki hidangan kuliner nusantara yang lezat. Setiap datang ke daerah di Indonesia, pasti memiliki cerita, cita rasa, dan cara memasak yang berbeda pula. Meski begitu, harus ada beberapa menu khas yang menjadi imej khas Indonesia.

Membandingkan negara lain yang memiliki beberapa makanan khas yang menjadi imej seperti Tom Yam berasal dari Thailand, Sushi berasal dari Jepang, Nasi Lemak berasal dari Malaysia, ada pula Laksa dari Singapura, dan berbagai makanan lainnya dari negara masing-masing. Untuk mengakomodir banyaknya budaya Indonesia dalam bidang kuliner, Kementerian Pariwisata akhirnya menetapkan 5 makanan khas Indonesia yang bisa ‘dijual’ atau diperkenalkan kepada masyarakat internasional.

“Setiap daerah punya hidangan khas, namun jangan banyak-banyak. Kalau hanya 1 juga nanti rebutan. Akhirnya kami memilih 5,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam konferensi pers, Selasa (11/6).

Apa saja 5 makanan itu? Makanan tersebut adalah soto, rendang, nasi goreng, sate, dan gado-gado. Tak hanya sekadar menetapkan makanan tersebut, akan tetapi Kementerian Pariwisata juga melakukan kurasi resto di mancanegara. Kurang lebih ada 100 resto yang terpilih di 21 negara untuk memperkuat menu-menu itu sebagai hidangan khas asli Indonesia.

“Kami tak punya restoran sendiri di luar negeri. Maka kami bertugas mempromosikan dan melakukan kurasi hingga menetapkan 100 resto Indonesia di internasional untuk memperkuat menu-menu ini. Kami bertugas mempromosikan,” kata Menteri Arief.

Rendang Menu Terlezat

Menteri Arief menegaskan rendang sebagai menu asli Indonesia dan kental dengan nilai-nilai warisan sejarah nenek moyang. Bahkan di tahun 2017, rendang menduduki peringkat pertama sebagai makanan terlezat dari 50 makanan di seluruh dunia lewat voting di media sosial Facebook.

Nha, bicara soal rendang, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi, Selasa (11/6), kembali mengunggah menu makan siangnya di Instagram dengan makanan tersebut. Dia memilih menu rendang sebagai menu makan siang. Pada tulisan (caption) Instagram tersebut dia mengatakan, rendang kaya nilai khazanah kuliner Indonesia.

“Makan siang hari ini rendang dan nasi uduk Jakarta. Rendang menduduki peringkat nomor 1 dalam World’s 50 best foods versi CNN Travel 2017. Apakah masakan ini berpotensi menjadi salah satu hidangan terpopuler dalam khazanah kuliner Indonesia?,” kata Dubes Ishii sambil memakai batik dari Sumatera. (jpc/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : JPC
  • Fotografer : JPC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

GE Way

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

Air Putih Demi Metabolisme

VIDEO