Home > Bola > Liga

Latihan Perdana Timnas Indonesia U-19, Empat Pemain Absen

  • 12-06-2019 / 17:29 WIB
  • Kategori:Liga
Latihan Perdana Timnas Indonesia U-19, Empat Pemain Absen

MALANGPOSTONLINE.COM - Sebanyak 26 pemain datang mengikuti hari pertama seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-19 yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Rabu (12/6). Total empat pemain lainnya masih belum terlihat hadir di lapangan dari total 30 pemain yang dipanggil. 

Keempat pemain yang belum hadir yakni, Kiper Ernando Ari Sutaryadi, Amiruddin Bagus Kahfi, Amiruddin Bagas Kaffa serta David Maulana. Keempatnya belum hadir lantaran kesulitan mendapatkan tiket ke Jakarta yang masih bersamaan dengan arus balik Lebaran 2019. 

Di hari pertama latihan, pemain langsung digeber dengan intentas latihan tinggi selama tiga jam. Termasuk latihan pertandingan kecil yang fokus pada transisi bertahan dan menyerang. 

Pemain yang merupakan eks Timnas Indonesia U-16 terlihat tidak kesulitan untuk mengikuti materi latihan yang diberikan pelatih Fakhri Husaini. Sedangkan beberapa pemain baru yang dipanggil masih perlu beradaptasi. 

"Tadi saya berharap pemain-pemain lain harus cepat beradaptasi. Pemain yang bagus adalah pemain yang bisa cepat beradaptasi siapapun pelatihnya."

"Kalau bicara kualitas, saya kira yang ikut seleksi pertama dan tahap kedua ini sangat kompetitif, terutama yang eks Timnas Indonesia U-16," ucap Fakhri usai latihan. 

Dari seleksi tahap kedua, Fakhri berharap bisa menemukan pemain lain yang bisa melengkapi pemain hasil seleksi tahap pertama pada akhir April lalu. Materi yang diberikan kepada pemain di seleksi tahap pertama dan kedua pun tidak mengalami perubahan. 

"Materi saya itu cuma transisi negatif dan positif. Karena itu di seleksi ini saya ingin melihat seberapa cepat mereka dan seberapa bagus dasar mereka. Tentu untuk pemain yang lolos itu minimal bagus di empat aspek, seberapa cepat mereka memperlihatkan kemampuan mereka," jelasnya. 

Setengah dari pemain yang dipanggil pada seleksi tahap kedua kali ini dihuni pemain yang mengikuti latihan di Inggris bersama Garuda Select. 

Fakhri mengakui meski tergabung Garuda Select yang lebih menekankan pola permainan 4-3-3 selama enam bulan di Inggris, tapi tidak melupakan pola 3-5-2 yang selama setahun diterapkan Fakhri di Timnas Indonesia U-16. 

"Di Inggris, saya pegang satu pertandingan lawan Leicester dan kembali menggunakan 4-3-3, mereka bisa kembali dengan baik. Jadi saya masih merasa puas dengan mereka bahwa mereka belum lupa dengan saya. Tapi pemain yang bagus harus bisa beradaptasi dengan pelatih, formasi, dan situasi kondisi di lapangan. Kalau mereka main jelek karena ada perubahan sistem, ya mereka tidak bagus," tutur Fakhri. 

Seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-19 bakal berlangsung selama sepekan mulai Rabu (12/6) sampai Selasa (18/6). Setelah itu, para pemain yang lolos seleksi tahap pertama dan kedua akan menjalani pemusatan latihan (TC) pada Juli sebagai persiapan menuju Piala AFF U-19 di awal Agustus. (cnn/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : CNN
  • Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Tiket Pesawat Mahal, Danau Toba Kehilangan Turis

VIDEO