trial_mode: on

H+7 Lebaran, Masih Ada 6 ribu Warga Datang Via Kereta Api

  • 13-06-2019 / 18:40 WIB
  • Kategori:Malang
H+7 Lebaran, Masih Ada 6 ribu Warga Datang Via Kereta Api Suasana penumpang turun di Stasiun Kotabaru Malang

MALANG- Meski libur lebaran telah usai, animo masyarakat untuk datang ke Kota Malang cukup tinggi. Hari ini saja, masih terdapat 6 ribuan penumpang kereta turun di Kota Malang, khususnya di Stasiun Kotabaru. Mereka kebanyakan berasal dari luar daerah. 

Wakil Kepala Stasiun Kota Malang, Burhanudin menyebut, sebanyak 6000 an penumpang turun di Stasiun Kota Baru Malang setiap harinya sejak dua sampai 3 hari pasca lebaran. Menurutnya, jumlah ini jauh dari perkiraan sebelumnya dan tidak biasanya terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Ada perbedaan pola dari tahun saat ini dengan tahun sebelumnya. Mungkin imbas dari liburan panjang anak-anak sekolah," ucapnya saat ditemui tadi sore.  

Meski demikian, jumlah penumpang arus balik di Stasiun Kota Malang mulai menurun sejak puncak arus balik terjadi pada H+2 lalu. 

Burhanudin mencatat, dari total jumlah penumpang pada arus mudik dan arus balik lebaran ini terdapat peningkatan jumlah penumpang secara kumulatif. Pada tahun 2019 ini tercatat ada 10.180 penumpang dan pada tahun 2018 ada 89.283 penumpang. 

"Jumlah penumpang meningkat 12 persen dari tahun sebelumnya," ucapnya.

Burhanudin memprediksi, bahwa jumlah penumpang baik turun dan berangkat dari Stasiun Kota Malang akan tetap ramai sampai pekan ini. Dikarenakan tiket lebaran untuk semua kelas telah habis sampai tanggal 16 Juni.

"Mungkin sampai minggu ini akan tetap ramai, meski intensitas jumlah penumpang mulai menurun atau landai," terangnya.

Sementara itu menurut data penumpang KAI di Daop 8 Surabaya, hari ini penumpang kereta yang naik dari Kota Malang berjumlah 5.366 penumpang. Sementara yang turun atau datang ke Kota Malang berjumlah 6.049 penumpang. 

Humas PT KAI Daop 8 Suprapto menjelaskan okupansi tiket penumpang kereta di lingkup Daop 8, termasuk relasi Malang hingga 16 Juni mendatang masih di angka 87 hingga 92 persen jumlahnya. Artinya tingkat okupansi di seminggu usai Lebaran masih tinggi. 

“Di hari ini saja okupansi mencapai 91 persen, tanggal 14 Juni sebanyak 92 persen, lalu 15 Juni sebanyak 90 persen. Di 16 Juni akan turun menjadi 87 persen,” pungkasnya. (ica)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : ica
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI