Irisan Zonasi PPDB SMA Belum Fix, Usahakan Pilih Dua Sekolah!

  • 15-06-2019 / 22:57 WIB
  • Kategori:Sekolah
Irisan Zonasi PPDB SMA Belum Fix, Usahakan Pilih Dua Sekolah!

MALANG-Pendaftaran PPDB jalur zonasi secara online akan segera dibuka pada Senin (17/6) mendatang. Untuk wilayah Kota, zona wilayah sekolah sudah jelas terbagi menjadi tiga bagian zona yang membagi 10 SMA Negeri se Kota Malang sesuai dengan lokasinya.

Namun kepastian terkait kebijakan irisan zona dengan wilayah luar Kota masih belum menemui titik final. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua MKKS Kota Malang Tri Suharno, bahwa untuk irisan zona masih belum bisa dipastikan.

“Istilahnya itu irisan, sementara ini masih belum fix dan masih menunggu ketentuan dari Provinsi. Tapi semoga nanti ketika pendaftaran pada 17 Juni sudah final” terang Tri kepada Malangpostonline.com.

 

 

Sebelumnya, sempat beredar tabel zona wilayah Kota Malang yang sudah menentukan wilayah irisan dengan kuota sebesar dua persen pada Kecamatan Pakis untuk SMAN 10 dan Kecamatan Tajinan untuk SMAN 6. Namun ternyata kebijakan tersebut masih belum final, dan masih menunggu ketentuan dari Dinas Pendidikan Provinsi.

Sesuai Peraturan Gubernur Nomor 23 tahun 2019 tentang pedoman pelaksanaan PPDB tingkat SMA di Jawa Timur, prosentasenya adalah 5 persen untuk jalur prestasi, 5 persen untuk jalur perpindahan orang tua dan 90 persen untuk jalur zonasi atau reguler.

“Untuk jalur prestasi dan kepindahan orang tua pendaftarannya offline, sudah berakhir pada 13 Juni lalu. Pada jalur prestasi kita bekerja sama dengan KONI,” sambung Tri.

 

 

Kemudian pada 90 persen kuota zonasi masih terbagi pada beberapa instrumen. Disebutkan bahwa 50 persen dari total kuota tersebut adalah jalur zonasi, 20 persennya ialah untuk jalur nilai UN, sedang 20 persennya untuk jalur calon peserta didik kurang mampu.

Pada kebijakan kali ini untuk calon peserta yang masuk kuota 20 persen bagi calon peserta didik kurang mampu jalur zonasi tersebut harus bisa tunjukkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sedang untuk kuota 5 persen anak buruh harus menunjukkan bukti keanggotaan serikat buruh milik orang tuanya.

Karena kuota tersebut masuk jalur zonasi, maka bagi calon peserta didik harus yang mengambil PIN pada kurun waktu yang ditentukan. Pengambilan PIN merupakan tahap awal wajib seleksi PPDB SMA sebelum dimulainya pendaftaran PPDB jalur zonasi/reguler pada 17 – 20 Juni mendatang secara online.

Namun simulasi atau latihan Latihan pendaftaran online bisa dilakukan disekolah usai pengambilan PIN atau bisa dilakukan secara mandiri dengan mengakses laman pendaftaran PPDB.

Selain itu, pada PPDB kali ini calon peserta didik bisa memilih dua sekolah dalam satu zona. Menyiapkan strategi ini penting jangan sampai memilih sekolah yang jaraknya justru lebih jauh dari kediaman, sehingga memperkecil peluang untuk lolos pada PPDB kali ini.

“Calon peserta didik hanya diperbolehkan memilih dua sekolah dalam satu zona, usahakan ya memilih dua sekolah. Jangan sampai terlalu yakin dengan satu sekolah tapi ternyata meleset,” ujar Tri.

Sebelumnya, sempat terjadi penumpukan antrean pada saat pengambilan PIN pada hari pertama dan kedua dimulainya pengambilan PIN yakni pada 27-28 Mei lalu. Hal tersebut ternyata disebabkan oleh para peserta didik yang mengira bahwa pengambilan PIN adalah pendaftaran PPDB.

Sementara itu, PPDB jalur zonasi kali ini masih berpatokan pada data yang terdapat di google map. Berkaca pada PPDB tingkat SMP sebelumnya yang kurang akurat menunjukkan titik koordinat. Namun, bedanya pada PPDB SMA kali ini para calon peserta didik bisa menentukan titik koordinat mereka sendiri ketika proses pengambilan PIN.(mg3/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Inasa
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Korban Laka Plaosan Terlindas Setelah Masuk Kolong Truk

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Jelang Hari Adhyaksa Diapresiasi Gubernur

Per Juli, Siswa SMA-SMK Tak Perlu Bayar SPP

Ma Chung Misi Jadi Kampus Praktikal

Marvel Umumkan Tanggal Tayang 'Black Widow' dan Fase 4 MCU

Harga Tiket Final Indonesia Open 2019